Sukses

Ada Virus Corona Covid-19, UEFA Bertekad Tuntaskan Kompetisi Akhir Juni

Seperti diketahui, Virus corona covid-19 telah menjadi pandemi usai menyebar ke seluruh dunia termasuk Eropa

Liputan6.com, Nyon - Otoritas sepak bola Eropa, (UEFA) bakal bertekad menuntaskan semua kompetisi di sana per 30 Juni 2020. Saat ini, sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa tertunda karena pandemi virus corona covid-19.

"Komitmen untuk menuntaskan semua kompetisi domestik di level klub paling tidak 30 Juni 2020, jika situasinya lebih baik dan dapat memungkinkan kembali bermain," tulis UEFA di situs resminya.

Keputusan itu merupakan salah satu poin yang disepakati usai UEFA mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), Asosiasi Liga Eropa (EL), dan Asosiasi Pemain (FIFPro). Lantaran virus corona, pertemuan itu pun diadakan lewat jaringan online.

Dalam pertemuan tersebut, semua pihak menyetujui prinsip yang berkaitan dengan kompetisi baik di level tim nasional maupun klub. Ada lima poin yang disetujui untuk tim nasional dan tiga poin untuk kompetisi di level klub.

Di level tim nasional, salah satunya UEFA setuju menunda gelaran Piala Eropa tahun ini ke tahun depan. Tidak ketinggalan, UEFA juga menjadwal ulang turnamen UEFA Nations League.

"Ini akan memastikan Piala Eropa 2020 dapat menjadi perayaan sepak bola bagi fans di seluruh benua," tulis UEFA.

Seperti diketahui, Virus corona covid-19 telah menjadi pandemi usai menyebar ke seluruh dunia termasuk Eropa. Italia menjadi negara Eropa dengan jumlah pengidap virus corona terbanyak yakni 31 ribu lebih.

Penyebaran virus ini pun membuat sejumlah kompetisi di Eropa ditunda hingga waktu yang belum diketahui.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Liga Champions Musim Depan

UEFA menambahkan, ada kemungkinan kompetisi domestik akan dimainkan pertengahan pekan. Sebaliknya, kompetisi level Eropa bakal bermain di akhir pekan.

Selain itu, UEFA juga menuturkan penjadwalan ulang di musim 2019/20 berimbas kepada kompetisi di musim depan. Jadwal kualifikasi Liga Champions musim 2020/21 misalnya, yang menurut UEFA harus sedikit disesuaikan.

3 dari 3 halaman

Daftar Kompetisi Eropa yang Ditunda karena Virus Corona

Kompetisi / Ditunda Hingga

1. Liga Inggris / 3 April

2. Divisi Championship / 3 April

3. Liga Skotlandia / Belum Ditentukan

4. Liga Italia / 3 April

5. Liga Spanyol / 4 April

6. Liga Jerman / 2 April

7. Liga Prancis / Belum Ditentukan

8. Liga Belanda / 3 April

9. Liga Portugal / Belum Ditentukan

10. Liga Denmark / Dua Pekan

11. Liga Champions / Belum Ditentukan

12. Liga Europa / Belum Ditentukan

13. Piala Eropa 2020 / Diundur Tahun Depan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.