4 Pemain dengan Statistik Menawan di Liga Inggris, Kevin de Bruyne Termasuk

Oleh Rizki Hidayat pada 18 Mar 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 17:10 WIB
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne (OLI SCARFF / AFP)

Jakarta Liga Inggris musim ini terhenti sejenak sejak 13 Maret 2020 akibat pandemi virus Corona yang terus meningkat di Inggris dan Eropa. Rencananya Liga Inggris ditunda hingga 3 April.

Selain Liga Inggris, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan English Football League menunda pertandingan Piala FA, EFL Championship, Barclays FA Women's Syper League, dan FA Women's Championship.

Dengan ditundanya pertandingan hingga awal April, tidak banyak perubahan dalam daftar statistik pemain di Premier League musim ini. Kevin De Bruyne masih menjadi pemain dengan assist terbanyak.

Gelandang Timnas Belgia itu tercatat menorehkan 16 assist, unggul empat angka lebih banyak dibandingkan dengan Trent Alexander-Arnold yang berada di urutan kedua.

Berdasarkan statistik di situs Premier League, De Bruyne juga melepaskan 1.470 umpan, menorehkan 56,54 umpan per laga, melepaskan 244 umpan lambung, dan menciptakan 23 peluang bagus per pertandingan.

Berkat kontribusi Kevin De Bruyne, Manchester City menjadi klub dengan koleksi gol terbanyak di Premier League musim ini. City mampu mencetak 68 gol, unggul dua gol atas Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Bukan hanya Kevin De Bruyne, sejumlah pemain juga memiliki statistik moncer di Liga Inggris musim ini. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah perinciannya.

2 dari 6 halaman

Top Skorer: Jamier Vardy

Leicester City Vs Aston Villa
Striker Leicester City, Jamie Vardy merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Aston Villa pada lanjutan Liga Inggris di King Power Stadium, Selasa (10/3/2020) dinihari WIB. Jamie Vardy sumbang dua gol saat Leicester City menang 4-0 atas Aston Villa. (AP /Rui Vieira)

Penyerang Timnas Inggris itu tampil gemilang bersama Leicester City pada musim ini. Vardy berhasil mendulang 19 gol dari 26 pertandingan atau 0,73 gol per laga di Premier League.

Dia unggul dua gol atas bomber Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, yang menghuni peringkat kedua, serta tiga gol atas striker Manchester City, Sergio Aguero, yang menempati urutan ketiga.

Dari 19 gol yang disarangkan Jamie Vardy, tiga di antaranya tercipta dengan sundulan, sembilan dengan kaki kanan, dan tujuh gol dengan kaki kiri.

Pemain berusia 33 tahun tersebut juga total telah melepaskan 59 tembakan pada musim ini. Dari 59 tembakan itu, 35 di antaranya mengarah ke gawang atau akurasi tembakannya mencapai 59 persen.

3 dari 6 halaman

Clean Sheet: Nick Pope

Nick Pope
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) gagal menaklukkan kiper Burnley Nick Pope pada laga Liga Inggris di Turf Moor, Minggu (2/2/2020). (AFP/Oli Scarff)

Kiper berusia 27 tahun tersebut merupakan sosok penting di bawah mistar gawang Burnley. Nick Pope mampu mencatatkan 11 clean sheet di Premier League musim ini.

Jumlah tersebut membuat Pope untuk sementara berstatus sebagai kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di liga. Dia unggul satu clean sheet atas kiper Sheffield United, Dean Henderson dan penjaga gawang Liverpool, Alisson.

Akan tetapi, Nick Pope beberapa kali kesulitan mempertahankan gawang Burnley dari kebobolan. Dari 29 pertandingan yang sudah dijalani, gawang Burnley yang dikawal Pope sudah kebobolan 40 gol.

Laga di mana gawang Burnley kemasukan gol paling banyak adalah ketika bersua Chelsea (2-4), Manchester City (1-4), dan Tottenham Hotspur (0-5).

4 dari 6 halaman

Tekel Sukses: Ricardo Pereira

Manchester United Vs Leicester City
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, berebut bola dengan pemain Leicester City, Ricardo Pereira, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)

Leicester City yang berada di peringkat ketiga klasemen sementara Premier League musim ini, baru kebobolan 28 gol dari 29 pertandingan. Jumlah tersebut adalah kebobolan paling sedikit ketiga di Premier League, setelah Sheffield United (25 kebobolan) dan Liverpool (21 kebobolan).

Minimnya gol yang bersarang ke gawang Leicester tak lepas dari kontribusi Ricardo Pereira di lini pertahanan. Berposisi sebagai bek kanan, Pereira mampu mematahkan berbagai serangan lawan.

Sang pemain menorehkan 119 tekel sukses di Premier League musim ini. Jumlah tersebut adalah tekel sukses terbanyak dibandingkan pemain lainnya di Premier League 2019-2020.

Bukan hanya itu, Ricardo Pereira mencatatkan 49 intersep, 74 sapuan, dan 257 kali memenangkan duel perebutan bola.

5 dari 6 halaman

Penyelamatan: Martin Dubravka

Newcastle United Tumbangkan Chelsea di Kandang
Penjaga gawang Newcastle United Martin Dubravka (kiri) menghalau tendangan pemain Chelsea Tammy Abraham pada pertandingan Liga Inggris di St James' Park, Newcastle, Inggris, Sabtu (18/1/2020). Newcastle United menang 1-0. (Lindsey Parnaby/AFP)

Posisi Martin Dubravka di bawah mistar gawang Newcastle United tak tergantikan. Pada musim ini, dia selalu dipercaya mengawal gawang Newcastle di Premier League.

Kiper 31 tahun tersebut mampu membalas kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan performa yang cukup baik. Dubravka tercatat melakukan 117 penyelamatan dari 29 pertandingan atau empat penyelamatan per laga, serta sembilan clean sheet.

Meski begitu, pertahanan Martin Dubravka dalam mengawal gawang Newcastle United beberapa kali runtuh. Sejauh ini, gawang Newcastle yang dikawal Dubravka sudah kebobolan 41 gol.

Sumber: Premier League

6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓