Sukses

Rooney Kenang Cara Ferguson Bakar Semangat Pemain MU

Sir Alex Ferguson merupakan manajer terhebat dalam sejarah Manchester United (MU). Sebanyak 13 gelar Liga Inggris dan dua gelar Liga Champions menjadi bukti kehebatannya.

Liputan6.com, Manchester - Sir Alex Ferguson merupakan manajer terhebat dalam sejarah Manchester United (MU). Sebanyak 13 gelar Liga Inggris dan dua gelar Liga Champions menjadi bukti kehebatan Ferguson selama menakhodai MU selama 26 tahun.

Tidak hanya banyak mempersembahkan trofi untuk Setan Merah, sebutan MU. Ferguson juga jago menciptakan pemain bintang, seperti Jaap Stam, Ryan Giggs, David Beckham, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, dan Ole Gunnar Solskjaer, yang saat ini menjadi manajer MU.

Sebagai pemain yang pernah dilatih Ferguson, Rooney mengaku cukup beruntung. Pria yang kini memperkuat Derby County memberikan pujian kepada mantan bosnya setinggi langit.

"Tak ada keraguan, Ferguson adalah pelatih terbaik di dunia. Dia bisa melakukan pendekatan yang hebat kepada tim," kata Rooney, seperti mengutip artikel dari BBC.

Bahkan, Rooney juga membeberkan sedikit rahasia sukses Ferguson selama menakhodai MU. Pria asal Skotlandia yang sudah pensiun itu pandai membakar semangat anak asuhnya.

"Ferguson selalu bilang, 'kalian lebih hebat dari 11 orang itu. Main dan menangkanlah pertandingan'," ujar Rooney yang pernah menjadi kapten MU.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Ferguson

Rooney menegaskan, Ferguson punya kebiasaan berbicara dengan pemain sebelum menghadapi pertandingan besar. Biasanya, Ferguson membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk berbicara dengan anak asuhnya.

"Seperti final Liga Champions di Moskow menghadapi Chelsea tahun 2008, Ferguson mengajak kami ke stadion. Dia berbicara soal 90 menit dan 120 menit pertandingan nanti untuk bekerja keras dan merasakan suasananya."

"Kemudian dia meminta kami berpikir bagaimana nanti perasaan pulang ke rumah, apa yang akan kami pikirkan di mobil, dan lainnya. Itu selalu memberi Anda cara berpikir yang berbeda," ucap pria yang kini berusia 34 tahun itu.

 

3 dari 3 halaman

Karier Rooney

Berikut karier Wayne Rooney selama memperkuat MU:

Aktif bermain di MU: 2004-2017

Main: 559

Gol: 253

Gelar

Liga Inggris: 5

Piala FA: 1

Piala Liga Inggris: 3

Liga Champions: 1

Liga Europa: 1

Piala Dunia Antarklub: 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.