Efek Virus Corona, 5 Tim yang Berpotensi Menjuarai Liga Top Eropa

Oleh Alfi Yuda pada 17 Mar 2020, 10:10 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 10:10 WIB
Liverpool

Jakarta - Beberapa liga domestik di Eropa tengah dihentikan sementara. Keputusan itu diambil pengelola liga-liga top Eropa seperti Premier League, Bundesliga, Ligue 1, La Liga, dan Serie A imbas pandemi virus Corona.

Penghentian sementara akibat virus Corona ini menyisakan persoalan pelik, terutama bagaimana mengakhiri kompetisi dengan jadwal mepet, mengingat masih ada turnamen Eropa seperti Liga Champions, Liga Europa, hingga Piala Eropa 2020.

Beberapa federasi sepak bola di Eropa memang telah mengumumkan kapan liga di bawah otoritas mereka kembali bergulir. Serie A, misalnya, dijadwalkan pada 3 April 2020 sudah kembali berjalan. Namun, jadwal itu bisa kembali mengalami pengunduran hingga Mei mengingat situasi di Italia masih belum kondusif.

Hal sama berlaku di empat liga top Eropa lainnya.

Menarik dinanti, bagaimana federasi sepak bola bersama pengelola liga mencari jalan keluar. Lantaran belum ada kepastian, status klub yang saat ini berpotensi keluar sebagai juara di akhir musim menjadi simpang siur.

Di Premier League, berembus kabar jika musim ini tidak akan ada yang menjadi juara. Selain itu, Bundesliga dikabarkan bakal "memutihkan" musim 2019-2020 ini.

Andai liga dihentikan untuk seterusnya, klub-klub menduduki puncak klasemen sementara di lima liga top Eropa, berpeluang menyabet gelar juara. Bisa dibilang, mereka menjadi juara akibat efek virus Corona, karena praktis, peluang tim rival langsung tertutup.

Siapa saja lima klub tersebut? Berikut daftarnya:

2 dari 7 halaman

1. Liverpool

Liverpool
Pemain Liverpool Curtis Jones (kanan) dan Neco Williams merayakan gol bunuh diri pemain Shrewsbury Town Ro-Shaun Williams pada pertandingan ulang babak keempat Piala FA di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Selasa (4/2/2020). Liverpool menang 1-0. (AP Photo/Jon Super)

Liverpool berpeluang mengulangi kesuksesan memenangi Premier League, yang dirasakan 30 tahun silam.

The Reds saat ini bercokol di puncak klasemen dengan perolehan 82 poin, selisih 25 poin dari pesaing terdekat sekaligus juara bertahan, Manchester City.

Liverpool hanya butuh enam poin untuk meyelesaikan perburuan gelar juara. Namun, Premier League musim ini diberhentikan sementara karena pandemi virus Corona.

Sesuai rencana, Premier League ditunda hingga awal April 2020.

3 dari 7 halaman

2. Juventus

Juventus
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan kemenangan atas Parma pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Minggu (19/1). Juventus menang 2-1 atas Parma. (AFP/Marco Bertorello)

Raksasa Serie A, Juventus, sedang memimpin perburuan gelar juara musim 2019-2020. Juventus memuncaki klasemen Serie A dengan perolehan 63 poin, selisih satu poin dari Lazio, yang ada di peringkat kedua.

Serie A mengalami penundaan karena pandemi virus Corona. Italia tercatat sebagai negara Eropa yang terbesar terinfeksi virus tersebut.

Serie A diliburkan hingga 3 April 2020 dan Italia saat ini sedang menjalani lockdown.

Virus Corona telah memakan korban satu di antaranya bek Juventus, Daniele Rugani. Rugani dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

4 dari 7 halaman

3. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain
Paris Saint-Germain.(AFP/Zakaria Abdelkafi)

Memburuknya penyebaran virus Corona menyebabkan Ligue 1 ikut ditangguhkan. Pemimpin klasemen Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG), menjadi favorit untuk merengkuh gelar juara musim ini.

PSG hanya tiga kali kalah musim ini. Selisih 12 poin dengan Marseille membuat PSGV mempunyai kans besar untuk kembali mencecap manisnya jadi juara.

Namun, federasi sepak bola Prancis (LFP,  memutuskan untuk menanguhkan liga sementara waktu. PSG pun harus menahan diri sebelum melanjutkan musim ini lagi. 

5 dari 7 halaman

4. Bayern Munchen

Bayern Munchen
Bayern Munchen menang 3-0 atas Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (Glyn KIRK / AFP

Persaingan memburu gelar juara Bundesliga harus dihentikan sementara waktu. Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), membuat keputusan untuk menunda sisa musim karena pandemi virus Corona. Saat ini, Bayern Munchen memuncaki klasemen dengan perolehan 55 poin, selisih empat poin dengan Borussia Dortmund.

Namun, ada opsi lainnya, yakni Bundesliga akan dihentikan tanpa adanya gelar juara.

6 dari 7 halaman

5. Barcelona

Barcelona vs Real Madrid
Duel Antoine Griezmann dan Sergio Ramos dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou (19/12/2019). (AFP/Jose Jordan)

Barcelona sementara ini memimpin perburuan gelar La Liga musim 2019-2020. Barcelona unggul dua poin atas pesaing abadinya, Real Madrid.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menangguhkan liga untuk semenetara waktu. RFEF sudah mengonfirmasi ada beberapa skenario untuk memutuskan siapa yang akan keluar sebagai juara musim ini, dan Barcelona diyakini memiliki kans tertinggi jadi juara La Liga 2019-2020.

Disadur dari Bola.com (Penulis Alif Yuda / Editor Aning Jati, Published 17/3/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓