Sukses

Asisten Pelatih Diduga Terinfeksi Corona, Barito Putera Jalani Pemeriksaan Kesehatan Darurat di Banjarmasin

Saat mendapat kabar asisten pelatih, Yunan Helmi, terindikasi terfeksi virus Corona, awak tim Barito Putera sedang berada di Makassar.

Jakarta - Seusai mendapat kabar asisten pelatih, Yunan Helmi, tengah menjalani pemeriksaan mendalam atas dugaan terinveksi virus Corona, Barito Puteraakan menjalani pemeriksaan medis secepatnya. Penggawa Laskar Antasari saat ini masih ada di Makassar.

Barito Putera baru saja menjalani pertandingan pekan ke-3 Shopee Liga 1 2020 melawan PSM Makassar pada Minggu (15/3/2020) di di Stadion Andi Mattalatta. Kedua tim berbagi skor imbang 1-1.

Djadjang Nurdjaman, yang dikontak Bola.com pada Senin (16/3/2020) pagi mengaku timnya dalam kondisi tidak tenang bertanding setelah mendengar Yunan Helmi menjalani pemeriksaan berkaitan dengan virus Corona.

"Ya, kami bertanding dalam kondisi perasaan campur aduk. Ada rasa khawatir karena Coach Helmi bagian dari tim yang selalu berinteraksi dengan pemain dan staf pelatih," ungkap Djanur.

Walau memang menurut Djadjang Nurdjaman, belum tentu Yunan Helmi benar-benar sudah positif Covid-19. "Hasil pemeriksaan baru diduga kuat. Semoga tidak ada apa-apa," ungkap pelatih asal Bandung tersebut.

Langkah selanjutnya, tim Barito Putera bakal kembali ke Banjarmasin pada sore ini yang kemudian menjalani pemeriksaan medis tanpa terkecuali.

"Ya, semua anggota tim akan menjalani pemeriksaan untuk memastikan kami semua sehat tak terifeksi virus Corona," tutur Djanur.

Pelatih Barito Putera itu hanya bisa pasrah dengan situasi ini. "Kami harus siap dengan segala konsekuensi. Saya pribadi berharap tidak ada apa-apa dengan Coach Yunan Helmi," katanya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Fokus Bertanding

Menurut pemberitaan media lokal Kanal Kalimantan, tiga warga Kalimantan Selatan dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin pada Sabtu (14/3/2020). Informasi didapat, diduga, ketiganya suspect corona atau COVID-19 usai pulang dari luar Kalsel, di mana dua di antaranya pulang dari ibadah umroh.

“Sampai dengan pukul 21.00 WITA Sabtu (14/3/2020), ada tiga pasien suspect Corona sedang menjalani perawatan di ruang isolasi,” kata Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Hj Suciati dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/3/2020).

Hingga kini, mereka tengah berada diisolasi guna proses pemeriksaan dan observasi. Seperti pengambilan sampel swab tenggorokan dan diobservasi di laboratorium. Sembari memulihkan kondisi kesehatannya.

Namun demikian, Suciati belum mengetahui pasti kapan hasil kesehtan tiga orang pasien suspec Covid-19 itu akan didapatkan. Ia mengatakan, masih menunggu konfirmasi dari dokter yang melakukan pemeriksaan.

Pada Minggu (15/3/2020) hari ini, kabarnya juga ada tambahan dua pasien rujukan suspect corona dari Tanah Bumbu. Keduanya adalah pasien yang satu travel perjalanan umroh dengan pasien yang sudah dirawat sebelumnya.

Data yang didapat Bola.com menguak indentitas salah satu pasien yang sedang menjalani pemeriksaan adalah Yunan Helmi. Pria kelahiran Lamongan, 14 April 1974 masuk ke RS Ulin sekitar pukul 14.00 WITA pada Minggu (15/3/2020) lewat rujukan dari RS Suaka Insan Banjarmasin.

"Karena sakit beliau memang tidak ikut rombongan tim Barito Putera ke Makassar," terang Djanur.

Beruntung terhitung sejak Senin (16/3/2020) PSSI secara resmi menghentikan seluruh pertandingan Shopee Liga 1 2020.

Barito Putera sudah menjalani tiga pertandingan kompetisi kasta elite. Mereka menderita kekalahan 0-4 melawan Madura United, ditekuk 1-2 kontra Bali United, dan terakhir imbang kontra PSM.

Laskar Antasari saat ini terpuruk di posisi kedua terbawah dengan poin minimalis satu."Saat menghadapi PSM kami sudah tidak fokus. Beruntung anak-anak masih bisa meraih hasil imbang di markas lawan," kata Djadjang Nurdjaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.