Sukses

Bintang-bintang NBA Sumbang Pekerja Stadion yang Terkena Dampak Virus Corona

Pemain-pemain NBA memberikan sumbangan untuk pekerja stadion yang tidak mendapatkan uang akibat pertandingan ditunda menyusul wabah corona.

Liputan6.com, New York- Kompetisi bola basket terbesar di dunia NBA harus terhenti sementara waktu akibat virus corona baru atau COVID-19 yang semakin parah di Amerika Serikat. Belum diketahui kapan NBA akan kembali dilangsungkan.

NBA memutuskan menunda sementara kompetisi musim 2019-2020 setelah ada pemainnya yang positif terkena virus corona. Center Utah Jazz Rudy Gobert positif terkena corona pada 12 maret 2020 lalu.

Hasil tes Gobert keluar beberapa menit sebelum Jazz bertanding melawan tuan rumah Oklahoma City Thunder. Laga tersebut langsung ditunda. Pemain kedua tim dikarantina. Tak hanya Gobert, rekan setimnya di Jazz, Donovan Mitchell juga kini tertular virus corona.

Nasib NBA musim 2019-2020 belum diketahui hingga saat ini. NBA kemungkinan besar menundanya selama sebulan sembari melihat perkembangan penyebaran virus corona.

Muncul kekhawatiran bila NBA musim 2019-2020 bisa saja dibatalkan dan tidak dilanjutkan lagi jika wabah virus corona semakin parah saja.

Dihentikannya sementara NBA 2019-2020 memberi dampak buruk bagi banyak pihak. Dampak paling parah bukan dialami pemain yang bergaji miliaran melainkan para pekerja stadion. Mulai dari petugas keamanan, usher, penjual makanan hingga tukang pel lapangan.

Mereka kebanyakan menggantungkan hidup dari bayaran per jam yang diterima jika bekerja saat pertandingan berlangsung. Dengan tidak ada pertandingan maka para pekerja stadion tidak akan menerima upah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumbangan

Beberapa pemain bintang NBA langsung mengambil inisiatif dengan menyelamatkan hidup para pekerja stadion ini yang akan sangat terpukul dengan penundaan pertandingan. Pasalnya bukan hanya NBA saja yang ditunda, kompetisi olahraga lain di Amerika Serikat juga ditangguhkan.

Center Cleveland Cavaliers Kevin Love memulai kampanye menyumbangkan uang untuk pekerja stadion. Love memberikan 100.000 USD untuk para pekerja di kandang Cavaliers, Quicken Loans Arena.

Langkah Love kemudian diikuti MVP NBA dari Milwaukee Bucks Giannis Antetokoumpo dan forward Detroit Pistons Blake Griffin. Keduanya sama-sama menyumbang 100.000 USD untuk pekerja di markas klub mereka.

"Ini lebih besar dari basket! Dan selama masa sulit ini saya ingin membantu orang-orang yang membuat hidup saya, hidup keluarga saya dan rekan satu tim saya lebih mudah. Saya dan keluarga saya berjanji untuk menyumbangkan $ 100.000 kepada staf Forum Fiserv. Kita bisa melewati ini bersama," tulis Giannis via Twitter.

3 dari 3 halaman

Zion

Rookie NBA Zion Williamson dari New Orleans Pelicans malah memberikan bantuan lebih dahsyat lagi. Zion berjanji akan menanggung gaji seluruh pekerja stadion selama 30 hari.

"Orang-orang New Orleans sangat ramah dan mendukung sejak saya didraft oleh Pels Juni lalu, dan beberapa orang paling istimewa yang saya temui adalah mereka yang bekerja di Smoothie King Center. Inilah orang-orang yang memungkinkan permainan kami, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk penggemar kami dan semua orang yang terlibat dalam organisasi. Sayangnya, banyak dari mereka yang masih pulih dari tantangan jangka panjang yang diciptakan oleh Badai Katrina, dan sekarang menghadapi dampak ekonomi dari penundaan permainan karena virus. Ibu saya selalu memberi contoh bagi saya tentang menghormati orang lain dan berterima kasih atas apa yang kita miliki, jadi hari ini saya berjanji untuk membayar gaji semua pekerja Smoothie King Center selama 30 hari ke depan," kata Zion di Instagram.

Klub Dallas Mavericks juga sudah mengumumkan akan tetap memberikan bayaran penuh kepada seluruh pekerja stadion untuk enam laga kandang yang sudah dijadwalkan. Meski laga ditunda, bayaran tetap akan diberikan.

Bos Mavericks, Mark Cuban memang telah mengungkapkan kekhawatiran terbesarnya atas penundaan pertandingan adalah nasib orang kecil yang bekerja di stadion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.