Sukses

Bundesliga Jerman Resmi Tangguhkan Kompetisi sebagai Imbas Virus Corona

Kompetisi Bundesliga Jerman 2019-2020 resmi diberhentikan sementara sebagai imbas wabah virus corona di dunia.

Munchen - Kompetisi Bundesliga resmi dihentikan sementara sebagai imbas wabah virus corona di Jerman. Keputusan itu diumumkan pihak DFL, Jumat (13/3/2020). 

Virus corona merebak cepat di Jerman. Pada Jumat, berdasarkan rilis Worldometers, tercatat ada 3.117 kasus yang telah terkonfirmasi. Sejauh ini virus Covid-19 tersebut telah menelan tujuh korban jiwa. Sementara itu 46 orang telah dinyatakan pulih.

Jerman kini memiliki kasus virus Corona terbanyak di Eropa setelah Italia, Prancis, dan Spanyol. Situasi ini membuat Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, merekomendasikan agar semua kegiatan publik yang melibatkan massa yang besar ditunda atau dibatalkan.

Kini ada peraturan untuk membatasi agar setiap event hanya dihadiri maksimal 1.000 orang. Pihak pengelola Bundesliga sebelumnya sempat merespons dengan merumuskan peraturan pertandingan tanpa penonton.

Kini pihak DFL telah memastikan akan menghentikan sementara kompetisi Bundesliga. Laga pekan ke-26 kompetisi tersebut akan ditunda pelaksanaannya dan demikian juga dengan pertandingan di Bundesliga 2.

"Mengingat dinamika hari ini dengan infeksi Corona baru dan kasus yang diduga terkait dalam hubungan langsung dengan Bundesliga dan Divisi 2. Bundesliga, Presidium Liga DFL Deutsche Fußball Liga telah memutuskan dalam waktu singkat untuk menunda matchday ke-26, yang awalnya dimulai hari ini, di kedua liga," tulis pihak DFL. 

"Selain itu, komite merekomendasikan, seperti yang direncanakan, bahwa pertemuan umum klub-klub profesional, yang akan bertemu Senin depan, terus menangguhkan permainan hingga 2 April - termasuk jeda internasional."

"Latar belakangnya adalah, ada kecurigaan infeksi dengan virus Corona di sekitar beberapa klub dan tim mereka muncul dan infeksi lebih lanjut tidak dapat dikesampingkan. Sebelumnya, Hannover 96, dianjurkan menjalani karantina rumah untuk seluruh tim oleh otoritas kesehatan setempat."

"Dalam jeda internasional antara semua klub, dengan mempertimbangkan pengetahuan yang tersedia, misalnya juga berkenaan dengan kalender permainan internasional, tindakan harus tetap tidak berubah. Tujuannya adalah untuk mengakhiri musim pada musim panas - dari sudut pandang olahraga, tetapi terutama karena awal musim dapat memiliki konsekuensi eksistensial bagi beberapa klub."

Simak video pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Opsi Juara

"Pada hari Senin, Presidium DFL telah menyatakan bahwa laga-laga akan ditunda. Presidium DFL mengatakan bahwa ini hanya boleh dilakukan sehubungan dengan seluruh hari pertandingan secara bersamaan. Berdasarkan situasi informasi saat ini, ini tidak lagi dijamin.

Sebelumnya sempat ada kabar bahwa opsi untuk menghentikan kompetisi Bundesliga bisa dipilih. Jika opsi ini yang dipilih, maka Bayern Munchen akan dinobatkan sebagai juara.

Saat ini Manuel Neuer dkk tengah berada di puncak klasemen. Mereka unggul empat poin atas Borussia Dortmund yang berada di posisi kedua.

Namun, opsi lainnya, Bundesliga akan dihentikan tanpa ada gelar juara. DFB hanya memutuskan klub peserta kompetisi Eropa berdasar pada hasil klasemen saat ini. Bayern Munchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Borussia Monchengladbach akan lolos ke Liga Champions.

Bayer Leverkusen, Schalke, dan Wolfsburg bakal lolos ke Liga Europa. Tidak ada jatah klub juara DFB Pokal ke Liga Europa, seperti yang harusnya berlaku.

Sumber asli: DFL

Disadur dari: Bola.net (Penulis Dimas Adi Prasetya, published: 13/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.