Wabah Virus Corona Meluas, Formula E Tangguhkan Balapan Hingga Juni

Oleh Adyaksa Vidi pada 13 Mar 2020, 18:59 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 18:59 WIB
Resmi, Kawasan Monas Bakal Dijadikan Lintasan  Formula E
Perbesar
Formula E batal digelar di Jakarta karena virus corona. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Formula E akhirnya menangguhkan seluruh balapan musim ini hingga bulan Juni mendatang akibat wabah virus corona. Penyelenggara Formula E akan mengevaluasi lagi kapan balapan akan dimulai untuk musim ini.

Sebelumnya Formula E telah membatalkan dua balapan musim ini yakni di Roma dan Sanya, Tiongkok. Selain itu balapan di Jakarta yang rencananya digelar Juni mendatang juga ditunda.

Namun dengan semakin mewabahnya virus corona, maka Formula E pun menangguhkan semua balapan. Meski mereka berharap bisa menggelar lagi jika kondisi membaik.

"Seperti yang sudah dilaporkan di Eropa dan dunia, wabah virus corona semakin meningkat setiap hari dan akan mencapai puncaknya bulan depan. Untuk alasan ini kami menangguhkan balapan hingga dua bulan ke depan," ujar CEO Formula E, Alejandro Agag dilansir laman resmi.

"Balapan memang penting, namun kesehatan dan keselamatan staf, fans dan keluarga jauh lebih penting. Formula E akan kembali bergulir setelah wabah virus corona mereda."

 

 

2 dari 4 halaman

Simbol Balapan

Penampakan Aspal Uji Coba Lintasan Formula E di Monas
Perbesar
Contoh aspal lintasan Formula E terlihat di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/2/2020). Aspal untuk sirkuit Formula E di uji coba di Monas, lokasi pengaspalan itu berada di Monas bagian timur. Pengaspalan dilakukan dengan dua metode, sandsheet dan geotextile. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menariknya, Formula E menggunakan bendera sebagai simbol balapan yang bisa digelar musim ini.

Yakni bendera merah yang berarti tidak balapan yakni bulan Maret dan April. Sementara bendera kuning yakni peluang menggelar balapan masih terbuka pada bulan Mei, serta bendera hijau yakni balapan akan digelar sesuai rencana.

Namun ketiga tahap tersebut masih akan menanti perkembangan wabah virus corona. Jika sudah stabil maka balapan bisa digelar atau tempatnya dipindah.

3 dari 4 halaman

Rencana Awal

Jakarta rencananya akan menjadi tuan rumah Formula E pada 6 Juni 2020 mendatang. Jika tidak jadi maka balapan akan digelar di Berlin pada 21 Juni mendatang.

Selanjutnya balapan akan digelar di New York pada 11 Juli 2020 dan London pada 25-26 Juli 2020.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓