Sukses

PM Inggris Serukan Semua Acara Olahraga Disetop, Termasuk Liga Inggris?

Boris mengatakan semua acara olahraga bisa dibatalkan demi mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, London - Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, buka suara soal pandemi virus Corona di negaranya. Boris mengatakan semua acara olahraga bisa dibatalkan demi mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Corona.

"Kami sedang mempertimbangkan soal pembatalan acara publik, seperti pertandingan olahraga," kata Boris seperti dilansir The Sun.

Virus corona memang telah menyebar hingga ke Eropa. Italia menjadi negara dengan pengidap virus corona terbanyak mencapai 15 ribu kasus.

Menurut peta persebaran dari New York Times, di Inggris ada sekitar 400 orang yang terindikasi positif terjangkit virus Corona. Pemerintah Inggris pun telah mengeluarkan imbauan agar warganya tidak sering keluar rumah atau pergi ke keramaian.

Jika pembatalan itu dikeluarkan, dampaknya pasti akan terasa ke Liga Inggris. Saat ini saja, Operator Liga Inggris berencana mengadakan rapat darurat membahas sisa laga di musim ini.

Rapat itu diadakan setelah Arsenal mengonfirmasi pelatih mereka, Mikel Arteta, terkena virus Corona. Pengumuman itu dikeluarkan, Jumat (13/3/2020) waktu Indonesia.

"Menurut sains memang pembatalan itu hanya berdampak kecil kepada penyebaran virus, tetapi penyebaran tetap mungkin ada acara seperti itu," kata Boris.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arteta Kena Virus Corona

Sebelumnya, Arsenal mengonfirmasi Arteta terkena virus Corona lewat situs resminya. "Pusat latihan kami, London Colney, ditutup setelah Pelatih Mikel Arteta positif terkena virus COVID-19, sore ini," tulis Arsenal.

Pihak klub kemudian meminta mereka yang akhir-akhir ini berhubungan dengan Arteta untuk mengisolasi diri. Arsenal juga memastikan tindakan yang diambil telah sesuai arahan Pemerintah Inggris.

Di saat bersamaan, Arsenal juga akan memastikan pusat latihan mereka dibersihkan dengan lebih teliti.

3 dari 3 halaman

Ditunda

Sementara itu, sejumlah pertandingan Arsenal pun terpaksa mengalami penundaan usai Arteta terkena virus Corona. Beberapa pertandingan yang dipastikan ditunda adalah laga melawan Manchester City dan Brighton Albion.

Arsenal saat ini berada di peringkat ke-9 klasemen Liga Inggris dengan 40 poin. Liga Inggris musim ini telah memasuki pekan ke-29, sisa sekitar 10 pertandingan lagi sebelum resmi selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.