Sukses

3 Pemain Pinjaman Paling Aneh dalam Sejarah Liga Premier

Jendela transfer Januari memungkinkan tim untuk melakukan introspeksi, memperkuat pasukan mereka di sisa musim ini, atau menjual pemain yang tidak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Jendela transfer Januari selalu dijadikan titik tengah dalam kalender sepakbola Eropa saat ini. Musim pembelian atau penjualan pemain ini, dapat dibagi menjadi dua bagian, satu sebelum jendela dan satu setelahnya.

Dan, jendela transfer Januari memungkinkan tim untuk melakukan introspeksi, memperkuat pasukan mereka untuk sisa musim ini atau menjual pemain yang tidak diinginkan.

Meskipun ruang lingkupnya agak terbatas, beberapa klub telah dapat menemukan nilai di jendela transfer Januari di masa lalu. Penandatanganan Nemanja Vidic dan Patrice Evra oleh Manchester United (MU) sangat menonjol dalam hal itu. Begitu juga akuisisiBruno Fernandes oleh klub baru-baru ini, juga telah terbukti sangat bagus sejauh ini.

Namun, Setan Merah, sama seperti semua klub divisi utama lainnya, telah mengalami banyak kesalahan di jendela musim dingin. Sementara beberapa penandatanganan Januari - baik permanen atau sementara - telah berjuang untuk memenuhi harapan di masa lalu, beberapa telah gagal untuk membuat dampak apa pun.

Aneh, meragukan, tidak biasa, dipertanyakan - apa pun disebutnya, ini adalah lima kesepakatan pemain pinjaman Liga Premier di jendela transfer Januari yang membuat para penggemar bertanya-tanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Henrik Larsson

Penggemar MU senang ketika klub menandatangani striker Swedia Henrik Larsson di bursa transfer Januari 2007. Larsson mendapat ulasan cemerlang selama membela Celtic, yang telah mencetak 242 gol. hanya dalam 300 penampilan. Mantra singkat di Barcelona kemudian membantunya menambah gelar Liga Champions UEFA ke trofinya.

Mencari untuk menambah pemain depan berpengalaman, Sir Alex Ferguson beralih ke Larsson pada transfer Januari 2007. Striker itu setuju untuk bergabung dengan Setan Merah dengan status pinjaman di luar musim dan kesepakatan secara resmi selesai pada 1 Januari.

Namun, Larsson telah membuat komitmen sebelumnya kepada keluarga dan klubnya, Helsingborg, untuk kembali ke tanah kelahirannya pada pertengahan Maret. Pemain asal Swedia itu menepati janji dan meninggalkan klub pada tanggal 12 Maret sehingga mengakhiri salah satu kisah pinjaman paling menarik dalam sejarah Liga Premier.

Larsson kemudian mengakui bahwa ia seharusnya tinggal lebih lama di Old Trafford untuk menerima medali pemenang setelah musim liga 2006/07 yang sukses. Terlepas dari itu, pemain asal Swedia itu meninggalkan kesan besar di Manchester selama masa pendeknya dan mendapat pujian tinggi dari Sir Alex Ferguson dalam prosesnya.

3 dari 4 halaman

David Pizarro

Meski menjadi gelandang andal, sedikit yang pernah mendengar tentang David Pizarro di luar Italia. Akibatnya, banyak yang mempertanyakan ketika pemain Chile itu didatangkan oleh Manchester City di jendela Januari 2012. Itu adalah kunjungan pertama Pizarro di luar tanah kelahirannya, dan ia bersatu kembali dengan mantan bosnya Roberto Mancini di Stadion Etihad.

Pizarro sendiri mengklaim bahwa ada dua alasan utama dia bergabung dengan Manchester City. Pertama, hubungannya dengan Roberto Mancini sewaktu mereka bersama di Inter Milan dan kedua, hubungannya dengan Luis Enrique di AS Roma.

"Saya tidak berniat meninggalkan AS Roma bahkan pada bulan Januari, tetapi saya memiliki hubungan yang buruk dengan Luis Enrique dan kemudian ketika Mancini menelepon saya menerimanya. Semuanya sangat mendadak," katanya kepada Sky Sports.

Pizarro dibawa untuk menambahkan kekuatan di lini tengah yang sudah diisi Yaya Toure, Nigel de Jong, Gareth Barry, dan David Silva. Namun, ia tidak bisa bermain banyak untuk Citizens dan hanya digunakan lima kali total di liga.

Tugas singkat Pizarro di Stadion Etihad masih meragukan sampai hari ini. Beberapa penggemar sepak bola masih tidak menyadari fakta bahwa ia telah menjadi bagian dari skuad pemenang gelar bersejarah.

4 dari 4 halaman

Alexandre Pato

Musim 2015-16 adalah musim yang aneh bagi Chelsea. The Blues masuk sebagai juara liga dengan beberapa pakar menetapkan mereka sebagai favorit untuk mempertahankan gelar. Namun, hanya beberapa bulan, klub London itu menggantung dekat dengan zona degradasi.

Performa buruk para pemain, pemecatan Jose Mourinho, dan pemain-pemain yang di bawah rata-rata semuanya berkontribusi terhadap musim yang membawa bencana, hingga Chelsea akhirnya finis di urutan kesepuluh.

Di antara mereka yang tiba di klub musim itu adalah mantan pemain AC Milan Alexandk Pato. Beberapa cedera telah menggagalkan karier striker Brasil, yang pernah mengklaim penghargaan Golden Boy.

The Blues sangat membutuhkan gol ketika Pato tiba di Stamford Bridge dengan status pinjaman. Sementara itu, striker pilihan pertama Diego Costa menderita cedera dan kehilangan bentuk, dan penandatanganan pinjaman musim panas Radamel Falcao juga terbukti gagal.

Di tengah krisis Chelsea, Pato memberi penggemar harapan setelah ia mencetak gol pada debutnya. Namun, kinerja mengecewakan dalam pertandingan berikutnya membuatnya keluar dari tim dan tidak pernah kembali ke starting eleven.

Chelsea memutuskan untuk tidak memperpanjang pinjaman Pato di akhir musim. Pato kembali ke tanah kelahirannya hanya dengan dua penampilan dan satu gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.