Argentina Mundur, Balapan Perdana MotoGP 2020 Kembali Ditunda

Oleh Windi.Wicaksono pada 12 Mar 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 12 Mar 2020, 04:00 WIB
Marc Marquez
Perbesar
Jalannya balapan MotoGP Argentina 2019 di Sirkuit Termas de Rio Hondo. (AFP/Juan Mabromata)

Liputan6.com, Buenos Aires - Jadwal balapan perdana MotoGP 2020 terpaksa kembali diundur. Penyelenggara MotoGP Argentina memutuskan menunda balapan mereka lantaran ancaman penyebaran virus corona.

Sesungguhnya, MotoGP Argentina merupakan balapan keempat dalam kalendar MotoGP 2020, di mana dijadwalkan berlangsung pada 17-19 April 2020. Tapi, MotoGP Argentina berubah menjadi balapan perdana musim ini menyusul dibatalkannya MotoGP Qatar dan penundaan berlangsungnya MotoGP Thailand dan MotoGP Amerika Serikat.

Sayangnya, Argentina pun harus mundur sebagai seri pembuka MotoGP 2020. Lewat situs resmi MotoGP, balapan yang akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo tidak dapat dilaksanakan dan diundur ke akhir musim.

Ancaman virus corona menghantui penyelenggaraan ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini. Artinya, sudah empat seri yang harus menunda penyelenggaraan mereka tahun ini.

Belum lama ini memang kasus kematian pertama akibat virus corona terjadi di ibu kota Argentina, Buenos Aires. Itu juga menjadi kematian pertama di Amerika Selatan, yang disebabkan infeksi virus corona.

2 dari 3 halaman

Penyesuaian Jadwal

FOTO: Crutchlow Tercepat di MotoGP Argentina, Marquez-Rossi Senggolan
Perbesar
Jalannya balapan MotoGP Argentina. (AFP/Juan Mabromata)

"Akibat wabah virus corona yang tengah terjadi, balapan itu (MotoGP Argentina) dijadwal ulang pada akhir musim atau digelar mulai tanggal 20 hingga 22 November 2020," bunyi pernyataan yang dikeluarkan MotoGP terkait balapan di Argentina.

Penetapan tanggal itu berarti membuat seri MotoGP Valencia, Spanyol di Sirkuit Ricardo Tormo harus disesuaikan dengan mundur ke tanggal 27-29 November 2020.

 

3 dari 3 halaman

Seri Jerez

Sementara itu, dengan mundurnya Argentina, berarti seri pembuka MotoGP 2020 akan dimulai dari Jerez, Spanyol di Sirkuit de Jerez-Angel Nieto mulai tanggal 1 sampai 3 Mei nanti.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓