3 Balapan Formula E Batal karena Virus Corona, Termasuk Seri Jakarta

Oleh Marco Tampubolon pada 11 Mar 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 16:30 WIB
Resmi, Kawasan Monas Bakal Dijadikan Lintasan  Formula E
Perbesar
Petugas membersihkan rumput di kawasan Monumen Nasional (Monas) yang akan dijadikan arena lintasan balapan Formula E 2020, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Formula E 2020 seri Jakarta akan memakai lintasan Monas untuk balapan mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Balapan Formula E seri Jakarta yang seharusnya berlangsung pada 6 Juni mendatang resmi ditunda. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengambil langkah tegas menunda balapan mobil bertenaga listrik tersebut menyusul wabah virus corona yang tengah melanda lebih dari 100 negara di dunia. 

Virus yang menyebabkan COVID-19 saat ini juga sudah masuk ke Indonesia. Data terbaru yang dirilis pemerintah menyebutkan, setidaknya 27 orang dinyatakan positif terjangkit virus Corona terbaru itu.

Pembatalan Formula E seri DKI Jakarta disampaikan lewat surat bernomor 117/-1/857/73/ yang ditandatangani langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Tidak lama berselang, keputusan pembatalan balapan ini juga disampaikan oleh Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta.

"Bertambahnya angka kasus virus COVID-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta, maka keputusan penundaan ini diambil sebagai bentuk tindakan tanggung jawab untuk melindungi kesehatan dan keamanan seluruh peserta kejuaraan, panitia, dan penonton," bunyi pernyatan OC Formula E Jakarta. 

Seperti diketahui, DKI Jakarta seharusnya menjadi tuan rumah bagi Balapan Formula E untuk lima tahun ke depan. Tahun ini, balapan rencananya akan berlangsung di kawasan Monas, DKI Jakarta.

Ini merupakan pembatalan ketiga yang menimpa balapan Formula E pada musim ini. Sebelumnya, dua seri lainnya sudah lebih dulu mengambil sikap yang sama menyusul penyebaran virus Corona.

Apa saja? Simak di halaman selanjutnya. 

 

2 dari 5 halaman

Formula E Tiongkok

Petugas Medis Tangani Pasien Virus Corona di Ruang ICU RS Wuhan
Perbesar
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Virus Corona model terbaru pertama kali mewabah di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, akhir tahun lalu. Akibat kejadian ini, pemerintah segera menutup daerah tersebut dan mengisolasi warga di sana.  

Namun kasus terus bertambah. Otoritas penyelenggara Formula E pada bulan Februari lalu memutuskan untuk membatalkan Sanya EPrix 2020 yang seharusnya berlangsung 21 Maret 2020. 

Rencananya balapan tersebut berlangsung di Sirkuit Haitang Bay. Pihak berwenang tidak ingin mengambil resiko mengingat lokasi balapan hanya berjarak 1.780 km dari kota Wuhan. 

"Kami bakal mengambil waktu sebanyak mungkin sebelum menentukan langkah berikutnya," tulis keterangan resmi pejabat Formula E saat itu.

 

3 dari 5 halaman

Formula E Roma

Vatikan Tutup Basilika dan Lapangan Santo Petrus
Perbesar
Lapangan Santo Petrus terlihat di belakang barikade yang didirikan di Vatikan, Roma pada Selasa (10/3/2020). Vatikan menutup lapangan Santo Petrus dan Basilika Santo Petrus bagi kunjungan wisatawan sampai 3 April untuk menghentikan penyebaran virus corona. (AP/Andrew Medichini)

Sebagai lokasi awal penemuan virus Corona model terbaru ini, Tiongkok sampai saat ini masih jadi negara dengan kasus tertinggi, yakni 80.778 dengan jumlah kematian mencapai 3.158 orang. 

Meski demikian, wabah virus Corona di Wuhan, Tiongkok, belakangan mulai bisa dikendalikan. Ini terlihat dari penurunan jumlah kasus baru belakangan ini. Sebagian rumah sakit darurat yang didirikan khusus untuk pasien COVID-19 juga mulai dibubarkan dan warga mulai beraktifitas seperti biasa. 

Sayang, penyebaran kini meluas ke berbagai negara. Italia menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi kedua setelah Tiongkok. Kasus virus Corona di Negeri Pizza sudah melebihi angka 10 ribu dengan 631 kematian. Situasi ini pun memaksa pemerintah Italia untuk mengisolasi seluruh warganya dan membatasi kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, termasuk olahraga.

Mengacu kepada kondisi ini, pihak penyelenggara Formula E juga memutuskan untuk membatalkan balapan yang seharusnya berlangsung di Roma, Italia, pada 4 April 2020. Dalam keputusan yang dikeluarkan pada Jumat (6/3/2020), Formula E mempertimbangkan keselamatan semua pihak. 

"Sebagai konsekuensi dari krisis kesehatan di Italia, tidak memungkinkan untuk menggelar E-Prix Roma pada 4 April 2020," pernyataan resmi pihak penyelenggara Formula E baru-baru ini.

 

  

4 dari 5 halaman

Tersisa 5 Seri Lagi

Formula E
Perbesar
Suasana balap Formula E 2018/19 putaran 12 yang digelar di Brooklyn Street Circuit, AS, Sabtu (13/7)(AFP/David Dee Delgado)

Balapan Formula E musim 2019/2020 seharusnya menggelar 13 seri. Sejauh ini, balapan mobil bertenaga listrik ini sudah berlangsung di 4 negara, yakni Arab Saudi, Chile, Meksiko, dan Maroko. 

Seri pertama berlangsung Riyadh Street Circuit, Arab Saudi, 22-23 November 2020. Sementara seri kedua, digelar di  Parque O'Higgins Circuit, Chile pada 18 Januari 2020. Sedangkan seri ketiga dan keempat masing-masing berlangsung di Autódromo Hermanos Rodríguez (Meksiko) pada 15 Februari dan Circuit International Automobile Moulay El Hassan (Maroko) pada 29 Februari 2020.

Selanjutnya, balapan masih menyisakan lima seri lagi, yakni Prancis, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris. Seri terdekat akan berlangsung di Paris, Prancis, pada 18 April 2020. 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓