Sukses

Kunjungi Indonesia pada 20 Maret 2020, FIFA Bakal Pilih 6 Stadion Untuk Piala Dunia U-20

PSSI berharap FIFA segera menetapkan 6 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.

Jakarta - PSSI menantikan kedatangan delegasi FIFA ke Jakarta pada 20-22 Maret 2020. Maksud kehadiran federasi sepak bola dunia tersebut adalah menentukan enam stadion yang bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan setelah rapat koordinasi (rakor) rutin persiapan Piala Dunia U-20 2021 di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Selain Iriawan, juga hadir dalam rakor ini yaitu Wakil Ketua PSSI Cucu Somantri dan Iwan Budianto serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria.

"Rencana awal, FIFA akan ke Indonesia pada 10-11 Maret 2020. Tapi karena situasi virus Corona, mereka menunda kedatangan menjadi 20-22 Maret," ujar Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"Untuk itu, kami mengirimkan semua berkas kesiapan calon tuan rumah, lengkap dengan skema apa yang akan diinginkan FIFA. Dari situlah, FIFA akan mempelajarinya," kata pria yang akrab dipanggil Iwan Bule tersebut.

Menurut Iwan Bule, FIFA harus segera mungkin mementukan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Pasalnya, pihaknya telah ditagih oleh Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (Kemenpu PR) yang ingin membangun dan memperbaiki infrastruktur untuk hajatan tersebut.

"Ini karena pembangunan, renovasi maupun revitalisasi stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 harus segera dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," jelas Iwan Bule.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melapor ke Menpora

Pada kesempatan ini, Iriawan melaporkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali bahwa dirinya sudah menginspeksi secara menyeluruh dari sebelas stadion yang menjadi kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Demikian pula terkait persiapan Timnas Indonesia U-20 di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong yang akan terus dilakukan untuk mencapai prestasi maksimal di ajang bergengsi itu.

"Kami di PSSI juga sepakat, untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 berada di bawah Iwan Budianto, sedangkan terkait Timnas Indonesia U-20 di bawah kendali Cucu Somantri. Keduanya bertanggung jawab kepada saya," tutur Iwan Bule.

Menpora menegaskan, rapat koordinasi antara PSSI dan Kemenpora terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021 akan berlangsung secara reguler.

"Apalagi waktunya sudah semakin mendekat menjelang Mei 2021. Kami akan terus bersinergi menyesuaikan waktu masing-masing," kata Zainudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.