Sukses

Imbas Virus Corona, FIFA dan AFC Setuju Tunda Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2022

FIFA dan AFC telah setuju menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022 pada Maret dan Juni 2020. Keputusan itu diambil setelah merebaknya virus corona.

Liputan6.com, Zurich - FIFA dan AFC telah setuju menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022 pada Maret dan Juni 2020. Keputusan itu diambil setelah merebaknya virus corona.

Sebanyak 32 pertandingan berikutnya dijadwalkan untuk dimainkan selama jeda internasional kedua pada dua hari pertandingan, yakni 4 dan 9 Juni 2020.

"Menyusul konsultasi dengan anggota asosiasi-asosiasi Asia, FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda kualifikasi Asia mendatang untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022," bunyi pernyataan FIFA.

Laga China melawan Maladewa di kandang sendiri dan tandang kontra Guam dipindahkan ke Buriram, Thailand. Pertandingan itu direncanakan dimainkan di sebuah stadion kosong penonton.

Namun, sekitar dua puluhan pertandingan dijadwalkan diadakan di seluruh benua Asia pada dua hari laga, yakni 26 Maret dan 31 Maret 2020. Tapi, keputusan tersebut tidak mutlak.

FIFA menjelaskan, pertandingan-pertandingan itu masih bisa dilanjutkan apabil asosiasi-asosiasi anggota mengizinkan bertanding, berdasarkan kesepakatan bersama dan standar keselamatan dipenuhi yang terlebih dahulu harus disetujui FIFA dan AFC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Olimpiade

FIFA juga menambahkan bahwa pertandingan-pertandingan kualifikasi mendatang untuk turnamen-turnamen sepak bola Olimpiade akan dimainkan sesuai jadwal, dengan kekecualian playoff kualifikasi sepak bola putri Olimpiade antara Korea Selatan dan China.

Playoff itu akan diadakan selama jendela internasional 1 sampai 10 Juni. Piala Dunia Qatar sendiri akan berlangsung pada 21 November-18 Desember 2022.

3 dari 3 halaman

Jadwal Futsal

FIFA dan AFC juga mengumumkan tanggal-tanggal baru untuk Futsal Championship Turkmenistan AFC yang sudah dijadwalkan pada 26 Februari sampai 8 Maret 2020, dan kini akan diadakan dari 5 sampai 16 Agustus mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.