5 Pemain MU yang Tampil Gemilang saat Menghajar Man City

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Mar 2020, 06:20 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 06:20 WIB
Manchester United Vs Manchester City

Manchester - Manchester United (MU) sukses mengharaj Manchester City 2-0 dilaga derbi, di Old Trafford, Minggu (8/3/2020). Anthony Martial dan Scott McTominay jadi pencetak gol kemenangan Setan Merah.

Dua kali gawang Manchester City yang dikawal Ederson bobol oleh The Red Devils, yaitu pada menit ke-30 oleh Anthony Martial, dan Scott McTominay pada masa injury time. Kemenangan tersebut tentu menjadi torehan yang mengangkat Manchester United kembali menuju persaingan papan atas.

Kemenangan yang diraih MU ini juga sekaligus untuk menghentikan catatan bagus Pep Guardiola ketika membawa Manchester City ke Old Trafford. Namun, kekalahan The Citizens bisa dimaklumi karena Guardiola menurunkan pertahanan yang tidak biasa selain cedera yang merenggut Kevin De Bruyne.

Keputusan taktik yang cerdas oleh Ole Gunnar Solskjaer memastikan timnya mampu bermain lebih baik, termasuk ketika menarik keluar Anthony Martial yang berhasil mencetak gol pertama dan memasukkan pemain yang juga mencetak gol kedua, Scott McTominay.

Berkat taktik cerdas tersebut, Ole Gunnar Solskjaer, The Red Devils mendapatkan tiga poin berharga yang membuat mereka kembali ke posisi lima besar dan bisa bersaing lagi di papan atas klasemen Premier League.

Namun, tentu keberhasilan MU ini tidak hanya karena sosok Anthony Martial dan Scott McTominay. Seperti dilansir dari Sportskeeda, berikut 5 pemain yang tampil mengesankan bersama Manchester United saat membungkam The Citizens, Minggu (8/3/2020).

2 dari 7 halaman

Harry Maguire

kapten Manchester United di era Premier League
11. Harry Maguire dipercaya menjadi kapten Manchester United pada awal musim 2020 ini.(AFP/Oli Scarff)

Manchester United telah membuat empat clean sheet secara berturut-turut di Old Trafford dan yang ketujuh dalam 9 laga terakhir mereka di semua kompetisi. Ada alasan besar di balik meningkatnya soliditas pertahanan mereka, yaitu performa sang kapten.

Mantan pemain Leicester City itu sekali lagi menjadi batu karang yang kukuh di belakang dan memberikan teladan dengan kontribusi yang tidak mengenal kata lelah dan menyusun pertahanan dalam menghadapi tekanan yang terus menerus dilakukan oleh penyerang Manchester City.

Kesalahan timing saat menyundul bola di babak pertama, Maguire tidak salah sama sekali karena tugasnya membuat Sergio Aguero itu tidak berkutik.

Pemain berusia 27 tahun itu membuat enam clearance dan dua intercept, yang membuat Manchester City hanya melakukan satu tembakan pada babak pertama, di mana itu menjadi yang terendah bagi The Citizens sejak Oktober 2018.

3 dari 7 halaman

Nemanja Matic

Manchester United, Chelsea, Piala FA 2018
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, tampak kecewa usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Ian Kington)

Nemanja Matic seakan telah terlahir kembali dalam beberapa pekan terakhir bersama Manchester United. Performanya meningkat signifikan yang membuatnya mendapat perpanjangan kontrak untuk berada di Old Trafford selama beberapa tahun ke depan.

Matic memberikan respons yang bagus untuk membayar kepercayaan yang diberikan dengan penampilan bagus di jantung lini tengah bersama Fred. Ia bermain efisien dalam menjalankan perannya sebagai pemecah serangan The Citizens.

Namun, Matic juga berkontribusi besar saat Manchester United maju menyerang. Pemain asal Serbia itu melakukan tiga intercept dan tiga clearance, serta memberikan berkontribusi memberikan umpan matang.

4 dari 7 halaman

Aaron Wan-Bissaka

Manchester United Vs Manchester City
Pemain Manchester United, Aaron Wan-Bissaka, berebut bola dengan penyerang Manchester City, Raheem Sterling, pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu (8/3/2020). Manchester United menang dengan skor 2-0. (AP/Dave Thompson)

Aaron Wan-Bissaka sejauh ini menjadi bek terbaik di lapangan dan memainkan peran penting di lini pertahanan Manchester United untuk mengawal Raheem Sterling sepanjang pertandingan. Hal tersebut memaksa The Citizens harus fokus untuk melakukan serangan dari sisi sayap yang lain.

Pemain berusia 22 tahun ni membesarkan namanya sendiri dalam dua tahun terakhir dengan kemampuan solidnya dalam bertahan.

Ia tampil sangat bagus dalam laga kontra The Citizens, dengan delapan tekel lebih banyak dari pemain manapun yang ada di lapangan. Ia juga berkontribusi melakukan dua intercept dan dua tekel demi mengamankan pertahanan Manchester United.

Kritik yang datang terhadap permainannya karena kurangnya keinginan Wan-Bissaka untuk keluar dari lini tengah. Namun, dalam pertandingan ini ia memperlihatkan teknik yang hebat saat melakukan flip-flap dan melewati tiga pemain The Citizens yang memperlihatkan rasa percaya dirinya telah berkembang.

5 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United (MU), Bruno Fernandes
Gelandang Manchester United (MU), Bruno Fernandes usai mencetak ke gawang Everton di Goodison Park, Minggu (1/3/2020) (Foto: Doc Premier League)

Sejak berlabuh di Premier League bersama Manchester United pada Februari lalu, Bruno Fernandes merupakan pemain yang paling sering terlibat dalam proses terciptanya gol yang dibuat The Red Devils. Kini ia sudah mencetak dua gol dan tiga assist.

Pemain asal Portugal itu membuat tiga umpan penting dalam laga ini, dengan satu di antaranya adalah gerakan cerdas dari tendangan bebas yang diselesaikan dengan baik oleh Anthony Martial untuk menjadi gol pertama Manchester United.

Mantan pemain Sporting Lisbon itu selalu muncul dalam kesempatan yang didapatkan oleh Manchester United saat menyerang. Ia mendikte permainan dengan operan ke depan, sementara ia juga turut bermain bertahan, dengan catatan tiga intercept dan satu clearance ketika menghadapi Manchester City.

Ketika digantikan oleh Odion Ighalo pada menit ke-88, Bruno Fernandes mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para suporter Manchester United yang ada di tribune Old Trafford.

6 dari 7 halaman

Anthony Martial

Manchester United Permak Norwich City di Old Trafford
Striker Manchester United, Anthony Martial berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Norwich City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford (11/1/2020). MU menang telak 4-0 atas Norwich. (Martin Rickett/PA via AP)

Anthony Martial bermain sebagai starter sebagai ujung tombak serangan Manchester United. Ia memperlihatkan penampilan yang bagus dengan mencetak gol pembuka kemenangan The Red Devils dalam laga derby ini.

Pemain berusia 24 tahun itu sempat memperlihatkan perilaku yang menjengkelkan, menembak dengan tajam ke arah Ederson ketika mendapatkan bola di depan gawang. Namun, ia segera menebusnya dengan sebuah gol pada menit ke-30.

Setelah kemenangan atas Watford, Bruno Fernandes sempat bercanda bahwa Martial seharusnya melakukan tembakan first time saat ia memberikan assist ketimbang membuat sebuah gerakan individual. Namun, kali ini keduanya bekerja sama dengan baik untuk mencetak gol tersebut.

Martial telah mencetak tiga gol dalam empat laga terakhirnya, di mana ia menjadi orang pertama sejak Eric Cantona yang mencetak gol ke gawang Manchester City dalam tiga pertandingan berturut-turut dan jika ia meneruskan performa tersebut, Manchester United akan punya kesempatan menggeser Chelsea dari posisi empat besar.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Benediktus Gerendo)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video MU di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓