Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 09 Mar 2020, 21:49 WIB
Diperbarui 09 Mar 2020, 21:49 WIB
Timnas Indonesia Vs Thailand
Perbesar
Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, menghadang gelandang Thailand, Supachok Sarachat, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jakarta - FIFA mengumumkan pertandingan-pertandingan ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang sedianya digelar Maret hingga Juni ditunda. Ini tak lain akibat wabah virus corona yang tengah melanda dunia.

"Setelah berunding dengan anggota federasi dari Asia, FIFA dan AFC telah sepakat menunda rentetan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar," bunyi pernyataan FIFA. Dengan begini, laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga akan terpengaruh.

Selama periode Maret - Juni, Timnas Indonesia sedanya akan bertanding selama tiga kali, yakni melawan Thailand (26 Maret), Uni Emirat Arab (31 Maret), dan Vietnam (4 Juni).

"Pertandingan-pertandingan yang digelar pada jeda internasional periode 23-31 Maret dan 1--9 Juni ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. FIFA dan AFC masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut," lanjut pernyataan FIFA.

FIFA belum mengonfirmasi lagi kapan laga-laga tersebut akan dipindahkan. Namun, berdasarkan keterangan AFC, asosiasi sepak bola negara yang bertanding, termasuk Timnas Indonesia boleh berunding dan meminta laga tetap digelar sesuai jadwal asal mendapatkan persetujuan dari FIFA dan AFC.

"Untuk mendukung asosiasi yang bersangkutan, dan menjamin standar keselamatan semua individu yang terlibat, asosiasi masih bisa menggelar pertandingan pada Maret dan Juni berdasarkan kesepakatan masing-masing pihak. Tapi itu harus mendapat persetujuan dari FIFA dan AFC," lanjut pernyataan FIFA.

 

2 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich
  • 26 Maret 2020: Thailand Vs Indonesia
  • 31 Maret 2020: Indonesia Vs UEA
  • 4 Juni 2020: Vietnam Vs Indonesia

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Timnas Indonesia di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓