Sukses

Dimulai 14 Maret 2020, Persiba Vs Kalteng Putra Jadi Pembuka Liga 2 2020

PT Liga Indonesia Baru memastikan laga Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra yang digelar di Stadion Batakan menjadi pembuka Liga 2 2020.

Jakarta- Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), telah memastikan Liga 2 2020 akan bergulir pada 14 Maret 2020. Laga Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan akan menjadi pembuka musim baru Liga 2.

Keputusan itu diambil setelah PT LIB menggelar pertemuan dengan klub peserta Liga 2 2020 di Jakarta, Jumat (6/3/2020). Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, menyebut pihaknya punya alasan khusus menggelar laga pembuka di luar Jawa.

Hal itu dilakukan atas dasar keseimbangan. Seperti diketahui, musim ini sepak mula Liga 1 sudah digelar di Pulau Jawa sehingga Liga 2 akan digelar di luar Jawa.

"Laga pembuka, Insyaallah akan dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret 2020 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra," kata Cucu Somantri.

"Pembukaan Liga 1 sudah dilakukan di Jawa. Sekarang ini Liga 2 dilakukan di luar Jawa dan kebetulan ada beberapa klub yang meminta. Akan tetapi, kami putuskan di Kalimantan karena di sana sebagai wilayah calon ibu kota baru," jelas Cucu Somantri.

Liga 2 2020 diikuti 24 tim dari seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dibagi menjadi Wilayah Barat dan Wilayah Timur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Regulasi

PT LIB melakukan perubaha regulasi untuk Liga 2 2020. Di antaranya adalah dengan menghapus babak 8 besar dan regulasi perebutan tiket peringkat ketiga.

Jadi, pemimpin klasemen akhir di masing-masing wilayah otomatis promosi ke Liga 1. Keduanya akan bentrok pada laga final Liga 2 untuk menentukan juara. Sementara untuk peringkat kedua di masing-masing wilayah akan bersaing mengamankan satu tiket sisa ke Liga 1.

"Kami menentukan grup Barat dan Timur peringkat satu dan dua. Kemudian pemenang Barat dan Timur langsung promosi Liga 1. Untuk peringkat kedua di Barat dan Timur akan kami pertemukan kembali menentukan peringkat tiganya. Itu yang membedakan kompetisi musim ini," ujar Cucu Somantri.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Editor Aning Jati, Published 8/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.