Sukses

Prediksi Borneo FC vs Persipura: Motivasi Besar Pesut Etam

Borneo FC menjalani laga kandang perdananya di Shopee Liga 1 2020 dengan menjamu Persipura Jayapura bertepatan dengan hari jadi tim.

Samarinda - Borneo FC bakal bentrok dengan Persipura Jayapura pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (7/3/2020). Kedua tim mengawali kompetisi musim ini dengan minim uji coba pramusim.

Namun, Borneo FC dipastikan bakal begitu termotivasi menjalani laga kandang perdana mereka pada musim ini. Tidak hanya akan tampil di depan pendukungnya untuk pertama kali di Shopee Liga 1 2020, tapi pertandingan ini bertepatan dengan hari jadi klub berjulukan Pesut Etam itu.

"Ini pertandingan perdana di kandang. Para pemain pasti sangat antusias untuk meraih kemenangan," ujar asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin, seperti dilansir situs resmi klub.

"Apalagi laga ini bertepatan dengan hari jadi tim. Tentu ini menjadi momentum kami untuk bisa menjalani musim yang sangat bagus ke depannya. Kami berharap mendapatkan dukungan melimpah dari masyarakat dan suporter," ujar Amir.

Momentum ini bisa menjadi sangat bagus untuk melupakan kekalahan 2-3 dari Persija Jakarta pada laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020. "Insya Allah semua pemain siap diturunkan," tegas asisten pelatih Borneo FC itu.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Meraba Kekuatan Lawan

Sementara itu, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengakui anak asuhnya belum menemukan permainan terbaiknya. Meski Boaz Solossa dkk. sukses mengalahkan PSIS 2-0 pada duel kandang di Stadion Klabat Manado, pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020.

Dalam lawatan ke Samarinda ini, mantan arsitek Barito Putera ini masih terus mengasah pasukannya agar mencapai titik terbaik performa mereka.

"Menghadapi Borneo FC di pertandingan kedua kami, saya masih membenahi kekurangan yang terlihat pada partai pertama. Anak-anak belum tampil bagus seperti harapan saya. Ini dampak kurangnya uji coba saat pramusim lalu," kata Jacksen Tiago.

Pelatih asal Brasil ini menganggap wajar kekurangan ini. Terutama kesepahaman antara pemain lama dan baru dalam permainan. Itu pula alasan Jacksen Tiago menarik keluar dua pemain asingnya, Thiago Amaral dan Matsunaga yang dinilai belum nyetel dengan gaya permainan khas Persipura.

"Adaptasi dalam latihan sudah bagus, tapi di pertandingan resmi atmosfernya berbeda. Saya sudah buat rancangan untuk menghadapi Borneo FC," ujarnya.

Kendati begitu, Jacksen Tiago juga mengaku masih buta dengan perubahan di tubuh Pesut Etam. Dia hanya berbekal hasil laga Borneo FC saat dikalahkan Persija 2-3 di Jakarta lalu.

"Jika melihat hasil akhir Borneo FC kemarin, mereka bisa cetak dua gol. Artinya, tuan rumah punya agresivitas, tapi belakangnya rapuh karena kemasukan tiga gol. Namun, saat pertemuan nanti pasti berbeda. Mereka berstatus tuan rumah," tuturnya.

Faktor tuan rumah inilah yang jadi catatan Jacksen Tiago untuk meramu komposisi pemain dan cara bermain bagi Boaz Solossa cs.

"Kami main normal di menit awal, sambil mempelajari titik lemah Borneo FC. Saya sudah antisipasi lawan akan menggebrak di menit awal. Makanya semua pemain harus konsentrasi penuh sejak kick off," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandenuwu (kiper); Diego Michiels, Javlon Guseynov, Andika Kurniawan, Kevin Gomes (belakang); Nuriddin Davronov, Sultan Samma, Wahyudi Hamisi (tengah); Guy Junior, Francisco Torres, Diogo Campos (depan)

Pelatih: Edson Tavares

Persipura (4-2-3-1): Dede Sulaiman (kiper), Yustinus Pae, Arthur Cunha, Donni Monim, Valentino Telaubun (belakang), Takuya Matsunaga, M. Tahir, Thiago Amaral (tengah), Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa, Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Jacksen Tiago

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.