Lagi, Balapan Formula E Batal Gara-Gara Virus Corona

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Mar 2020, 22:37 WIB
Diperbarui 06 Mar 2020, 22:37 WIB
Formula E
Perbesar
Suasana balap Formula E 2018/19 putaran 12 yang digelar di Brooklyn Street Circuit, AS, Sabtu (13/7)(AFP/David Dee Delgado)

Liputan6.com, Roma - Satu lagi agenda olahraga otomotif menjadi korban wabah virus Corona yang terus meluas. Kali ini, giliran balapan Formula E yang seharusnya berlangsung di Roma, Italia, 4 April 2020, dipastikan batal. 

Keputusan ini diumumkan pada Jumat (6/3/2020) dan sekaligus menjadi seri kedua balapan Formula E pada musim 2020 yang ditunda akibat wabah virus Corona. Sebelumnya, kebijakan yang sama juga diberlakukan terhadap Formula E Sanya, Tiongkok, yang seharusnya berlangsung 21 Maret 2020.

"Sebagai konsekuensi dari krisis kesehatan di Italia, tidak memungkinkan untuk menggelar E-Prix Roma pada 4 April 2020," bunyi pernyataan resmi pihak penyelenggara Formula E baru-baru ini. 

Seperti diketahui, Italia merupakan negara yang paling parah terjangkit virus Corona di kawasan Eropa. Saat ini, di Negeri Pizza sudah ditemukan lebih dari 3 ribu kasus dengan 148 meninggal dunia. 

Untuk mencegah penyebaran virus ini, pemerintah Italia meminta agar seluruh kegiatan olahraga di negara itu berlangsung tanpa penonton hingga 4 April mendatang. Situasi ini juga telah berdampak terhadap cabang olahraga yang sangat populer di Italia, yakni sepak bola, Serie A. Sejumlah pertandingan terpaksa ditunda sedangkan sisanya akan berlangsung tanpa penonton hingga April. 

 

 

2 dari 4 halaman

Masih Tanda Tanya

Mobil Formula E
Perbesar
Penampakan mobil Formula E yang bertenaga listrik (Istimewa)

Belum diketahui kapan Formula E seri Roma bakal berlangsung. Pihak Formula E masih masih mempelajari apakah seri tersebut masih bisa digelar setelah wabah virus Corona di Italia mereda. Sedangkan seri Formula E selanjutnya akan berlangsung di Paris, Prancis, pada 18 April 2020.    

3 dari 4 halaman

Bagaimana Formula E Jakarta?

Penampakan Aspal Uji Coba Lintasan Formula E di Monas
Perbesar
Contoh aspal lintasan Formula E terlihat di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/2/2020). Aspal untuk sirkuit Formula E di uji coba di Monas, lokasi pengaspalan itu berada di Monas bagian timur. Pengaspalan dilakukan dengan dua metode, sandsheet dan geotextile. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Indonesia juga bakal menjadi tuan rumah salah satu seri Formula E pada tahun ini. Rencananya, balapan mobil bertenaga listrik itu akan berlangsung di kawasan Monas, Jakarta.

Saat ini, proses persiapan masih terus berlangsung. Dan kabar terakhir menyebutkan bila Tim Asistensi Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka meminta agar penyelenggara balap mobil listrik atau Formula E untuk menjalankan studi kelayakan terlebih dulu. (Selengkapnya simak di sini).

 

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓