3 Rekor Cristiano Ronaldo di Manchester United yang Sulit Dipecahkan

Oleh Ario Yosia pada 06 Mar 2020, 19:25 WIB
Diperbarui 06 Mar 2020, 19:25 WIB
Pemain Portugal yang pernah di Manchester United
Perbesar
Cristiano Ronaldo (AFP/Paul Ellis)

Jakarta Cristiano Ronaldo gabung ke Manchester United pada 2003 lalu dari Sporting Lisbon. Ronaldo saat itu masih berusia 18 tahun.

Tak ada yang mengenal Ronaldo saat itu. Ia hanya dianggap sebagai pemain muda potensial dan remaja yang kurus.

Namun, Sir Alex Ferguson sangat yakin Cristiano Ronaldo bisa menjelma menjadi bintang dunia. Keyakinan Ferguson itu akhirnya berubah jadi kenyataan.

Ronaldo menjelma jadi pemain terbaik di dunia seiring berjalannya waktu. Pemain berkebangsaan Portugal itu juga punya peran penting di balik kesuksesan Manchester United.

Ronaldo berhasil mengantarkan Setan Merah meraih banyak gelar bergengsi. Itu termasuk gelar Premier League dan juga trofi Liga Champions.

Ronaldo lalu pindah ke Real Madrid pada tahun 2009 dengan status sebagai pemain termahal dunia. Kepergian Ronaldo meninggalkan warisan berupa sejumlah rekor yang mengesankan di Old Trafford.

Berikut ini tiga rekor MU yang masih dipegang Cristiano Ronaldo seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 5 halaman

Gol Terbanyak Semusim

cristiano ronaldo - paul scholes
Perbesar
Dua mantan pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo dan Paul Scholes. (AFP/Carl de Souza)

Rekor gol terbanyak di liga dalam satu musim untuk Manchester United adalah milik Dennis Viollet, yang mencetak 32 gol dari 36 pertandingan di Divisi I pada musim 1950-1960. Saat itu, ada 22 tim yang berkompetisi di liga dan masing-masing tim bermain 42 pertandingan dalam satu musim.

Barulah pada musim kedua Premier League pada tahun 1993, liga berubah menjadi 20 klub dengan menjalani 38 pertandingan. Rekor gol terbanyak dalam satu musim yang terdiri 38 pertandingan untuk Manchester United ditetapkan oleh Ronaldo ketika ia mencetak 31 gol dari 34 pertandingan pada musim 2007-2008.

Pada awal musim, Ronaldo dengan tegas memantapkan dirinya sebagai salah satu bintang sepakbola dunia yang sedang naik daun. Namun, start Ronaldo di liga tidak bagus karena ia gagal mencetak gol dalam 8 pertandingan pertama.

Ronaldo akhirnya mencetak gol dalam pertandingan melawan Birmingham City pada tanggal 29 September. Bintang Portugal itu kemudian menambah 30 gol lagi di liga sehingga sehingga mengakhiri musim dengan koleksi 42 gol dari 49 pertandingan di semua kompetisi.

3 dari 5 halaman

Sepatu Emas Eropa

Cristiano Ronaldo membela Manchester United dalam final Liga Champions 2007/08 menghadapai Chelsea 21 Mei 2008. EPA/SERGEI CHIRIKOV
Perbesar
Cristiano Ronaldo membela Manchester United dalam final Liga Champions 2007/08 menghadapai Chelsea 21 Mei 2008. EPA/SERGEI CHIRIKOV

Pada musim 2007-2008, Ronaldo dengan cepat menjadi salah satu pemain paling mematikan di Eropa. Dia membantu Manchester United memenangkan liga dan juga memenangkan Sepatu Emas Premier League. Namun, itu belum semuanya. Bintang Portugal itu mengakhiri musim dengan 6 trofi individu dan di antaranya adalah Sepatu Emas Eropa pertamanya.

Penghargaan itu menegaskan statusnya sebagai salah satu pencetak gol terbaik di dunia. Ini juga menandai untuk pertama kalinya pemain Manchester United memenangkan Sepatu Emas Eropa sejak diberikan pada musim 1967/68.

31 gol yang dicetak Ronaldo di liga memungkinkannya meraih 62 poin, unggul 8 poin dari rival terdekatnya Daniel Guiza, yang mencetak 27 gol di La Liga bersama RCD Mallorca. Klaas-Jan Huntelaar dari Ajax berada di urutan ketiga dengan 49,5 poin, sementara Emmanuel Adebayor dari Arsenal dan Fernando Torres dari Liverpool selesai bergabung di urutan keempat dengan 48 poin.

Ronaldo kemudian memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2008 dan menjadi pemain Manchester United ke-4 yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

4 dari 5 halaman

Pemain Termahal yang Dijual United

cristiano ronaldo
Perbesar
Cristiano Ronaldo menjalani debut sebagai pemain Manchester United pada 16 Agustus 2003. (AFP/Adrian Dennis)

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United saat berusia 18 tahun pada musim panas 2003 dengan biaya transfer 12,24 juta pounds. Itu membuatnya menjadi remaja paling mahal di Inggris saat itu.

Ronaldo kemudian memecahkan banyakm rekor di Old Trafford dan menarik perhatian klub-klub top di Eropa. Ronaldo berhasil menjadi salah satu pemain terbaik dunia dan berhasil memenangkan Ballon d'Or pada 2008.

Pada musim panas 2009, bintang Portugal itu akhirnya meninggalkan Old Trafford dan hijrah ke Santiago Bernabeu, setelah mencetak 118 gol dari 292 penampilan untuk klub. Real Madrid harus memecahkan rekor transfer dunia senilai 80 juta pounds untuk mendapatkan tanda tangan Ronaldo.

Sejak saat itu, United memang telah sering melepas pemain dengan biaya yang cukup tinggi, tetapi lebih dari satu dekade kemudian, rekor yang dibuat oleh Ronaldo itu masih utuh. Ronaldo masih tercatat sebagai pemain termahal yang pernah dijual oleh Manchester United dalam sejarah mereka.

 

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 5/3/2020)

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓