Sukses

Sering Blunder, Rio Ferdinand Tetap Sebut De Gea Kiper Nomor 1 di MU

Rio Ferdinand membela David de Gea yang belakangan kerap melakukan blunder di MU. Dia mengatakan de Gea tetap kiper nomor satu.

Liputan6.com, Manchester - Mantan bek Manchester United (MU), Rio Ferdinand tidak menganggap permainan kiper David de Gea menurun. Meski belakangan sering blunder, Ferdinand tetap menyebut kiper asal Spanyol itu nomor satu.

David de Gea membuat kesalahan fatal ketika MU berjumpa Everton, Minggu (1/3/2020) di Goodison Park. Pada duel lanjutan Premier League tersebut, kedua tim bermain imbang 1-1.

United lebih dulu tertinggal pada menit ke-3 dari gol Dominic Calvert-Lewin. Gol pemain berusia 22 tahun tersebut tidak lepas dari blunder David de Gea. Kiper asal Spanyol melepas yang diblok Calvert-Lewin dan mengarah ke gawang kosong.

Namun, United kemudian bisa bangkit dan menyamakan skor. Bruno Fernandes mencetak gol pada menit ke-31 dan skor menjadi 1-1. Pada sisa laga, David de Gea mampu tampil bagus dan membuat beberapa penyelamatan penting untuk MU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

David de Gea Tetap Nomor 1

Penampilan David de Gea sebetulnya sudah membaik pada musim 2019/2020, apalagi jika patokannya musim 2018/2019 lalu. Jumlah kebobolan kiper berusia 29 tahun menurun, walau tidak menurun secara signifikan.

Sejauh ini, David de Gea sudah memainkan 31 laga di semua kompetisi untuk United. Penjaga gawang yang pernah membela Atletico Madrid itu telah kebobolan 33 gol. Sedangkan, dia membuat sembilan kali cleansheet.

"Saya pikir David de Gea adalah kiper yang nomor satu karena apa yang sudah dia lakukan dalam empat atau lima tahun terakhir," ucap Rio Ferdinand dikutip dari BT Sport.

"Ya, dia memang membuat beberapa blunder pada musim ini, tetapi ketika Anda sudah tampil sangat bagus selama beberapa tahun, Anda layak mendapat sedikit waktu senggang. Itu adalah kesalahan yang buruk [blunder lawan Everton]," sambung mantan pemain United tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Haruskah David de Gea Duduk di Bangku Cadangan?

Tidak sedikit pundit yang meminta Ole Gunnar Solskjaer memikirkan opsi untuk menaruh David de Gea di bangku cadangan. Apalagi, dia masih punya Sergio Romero yang bisa bermain dan selama ini tampil bagus di ajang Liga Europa dan Piala FA.

"Ini bukan waktunya di mana Anda bisa berkata: Anda [David de Gea] duduk di bangku cadangan dan Sergio Romero yang bermain. Tidak sama sekali," kata mantan bek timnas Inggris tersebut.

David de Gea menjadi salah satu pemain dengan masa bakti terlama di Manchester United. Dia adalah bagian dari skuad juara Premier League pada era Sir Alex Ferguson. David de Gea dibeli Manchester United pada 2011 silam dari Atletico Madrid.

Sumber: BT Sport

Disadur dari Bola.net (Asad Arifin,published 6/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.