Sukses

3 Event Olahraga Bergengsi yang Terancam karena Virus Corona

Akibat virus Corona, beberapa ajang olahraga bergengsi terancam batal atau ditunda.

Liputan6.com, Jakarta- Virus Corona tengah menjadi ancaman di seluruh dunia. Jumlah orang yang terinfeksi hingga meninggal dunia terus bertambah. Tak hanya di Tiongkok, virus Corona telah menyebabkan kekacauan di beberapa negara.

Korea Selatan, Iran, dan Italia saat ini sedang pusing menghadapi wabah virus Corona. Mendadak jumlah orang yang terinfeksi Corona melejit di ketiga negara tersebut.

Virus Corona juga sudah masuk ke Amerika Serikat di awal Maret ini. Lebih dari lima orang meninggal dunia di Negeri Paman Sam akibat Corona.

Dahsyatnya penyebaran virus Corona juga merepotkan dan berdampak besar pada dunia olahraga. Beberapa pertandingan Liga Italia terpaksa ditunda.

Dua seri awal balapan MotoGP 2020 di Qatar dan Thailand juga tak jadi digelar pada bulan Maret ini.

Jika tak segera ditemukan vaksin atau obat yang tepat, virus Corona bisa mengancam semakin banyak event akbar olahraga. Apalagi ada tiga agenda besar olahraga di musim panas nanti.

Berikut tiga event olahraga besar yang bisa terancam akibat virus Corona:

 

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olimpiade

Olimpiade 2020 rencananya bergulir pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang di Tokyo, Jepang. Ajang ini terancam batal atau ditunda gara-gara Corona.

Tokyo memiliki izin untuk menunda Olimpiade 2020 hingga akhir tahun. "Kontrak itu menyebutkan Olimpiade bisa digelar selama tahun 2020. Itu bisa ditafsirkan memungkinkan untuk penundaan," kata Menteri Olahraga Jepang Seiko Hashimoto di hadapan parlemen, dilansir Antara.

Dalam kesepakatan tersebut, hak membatalkan terletak di tangan Komite Olimpiade Internasional (IOC). Presiden IOC Thomas Bach baru-baru ini menyatakan tengah berupaya menggelar pesta olahraga terbesar dunia tersebut sesuai jadwal pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Namun, anggota IOC Dick Pound menilai Olimpiade 2020 bisa ditunda jika virus Corona belum teratasi hingga akhir Mei.

3 dari 4 halaman

Euro 2020

Kejuaraan Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 sedianya akan dilangsungkan pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Kali ini ajang empat tahunan itu dihelat di 12 negara berbeda.

Pelaksanaan Euro 2020 bisa batal karena virus Corona semakin menganas di Benua Eropa. Salah satu tuan rumah Euro 2020, Italia, sedang direpotkan dengan virus Corona.

Beberapa negara lain seperti Prancis, Jerman, dan Belanda juga sedang pusing membendung dampak virus Corona.

4 dari 4 halaman

Piala Thomas dan Uber

Piala Thomas dan Uber 2020 akan dilangsungkan di Denmark pada 16-24 Mei 2020. Turnamen bulu tangkis beregu paling bergengsi ini juga terancam.

Meski di Denmark baru 12 orang yang terinfeksi virus Corona, Piala Thomas dan Uber tetap terancam. Pasalnya, peserta kebanyakan berasal dari negara Asia. Seperti diketahui virus Corona lebih banyak menyerang negara-negara Asia.

Tiongkok yang biasanya jadi unggulan utama di Piala Thomas dan Uber saat ini sedang sibuk dengan virus corona. Di Tiongkok, lebih dari 80.000 orang terjangkit virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.