Ibu Terkena Penyakit Stroke, Cristiano Ronaldo Langsung Pulang Kampung

Oleh Aning Jati pada 04 Mar 2020, 10:10 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 10:10 WIB
Cristiano Ronaldo
Perbesar
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo, saat melawan Lyon dalam leg pertama 16 besar Liga Champions (26/2/2020). (AFP/Philippe Desmazes)

Madeira - Kabar tak menyenangkan datang dari Cristiano Ronaldo. Ibunda megabintang Juventus itu, Dolores Aveiro, dikabarkan kena serangan stroke dan harus dilarikan ke rumah sakit di Madeira, Portugal, pada Selasa pagi waktu setempat (3/3/2020).

Dolores Aveiro, yang saat ini berusia 65 tahun, mendapat perawatan di ICU Rumah Sakit Dr. Nelio Mendonca, Madeira.

Media massa Portugal memberitakan, Dolores Aveiro dalam kondisi stabil dan sadar, namun dia memerlukan pengawasan ketat tim medis setidaknya hingga 12 jam ke depan.

Sementara menurut media Italia, Tuttosport, Cristiano Ronaldo langsung terbang menggunakan pesawat pribadi ke kampung halaman begitu mendapat kabar perihal sang ibunda.

Ronaldo dijadwalkan tiba di Madeira pada Selasa sore waktu setempat.

Belum diketahui secara pasti sampai kapan andalan Juventus itu berada di Madeira untuk mendampingi ibunda tercinta.

Beruntung, duel Juventus kontra AC Milan dalam laga leg kedua semifinal Coppa Italia 2019-2020 yang semestinya dimainkan pada Rabu malam waktu setempat (4/3/2020), ditunda.

Pemerintah Italia dikabarkan memutuskan untuk menunda seluruh kegiatan olahraga selama 30 hari akibat penyebaran virus Corona. Dalam 24 jam terakhir, 27 orang di Italia meninggal dunia akibat virus COVID-19.

Dengan penundaan tersebut, kemungkinan Cristiano Ronaldo bisa punya waktu lebih panjang untuk mendampingi sang ibunda.

"Terima kasih atas seluruh pesan dukungan untuk ibu saya. Sekarang dia stabil dan membaik di rumah sakit. Saya dan keluarga saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang merawatnya, dan meminta dengan sangat agar kami diberikan privasi saat ini," ujar Ronaldo melalui media sosialnya.

2 dari 3 halaman

Hubungan Sangat Dekat

Dolores Aveiro
Perbesar
Cristiano Ronaldo dan ibunya Dolores Aveiro (USA Today)

Sebelum terbang ke Madeira, pada Minggu malam waktu setempat (1/3/2020), Cristiano Ronaldo terlihat menyaksikan El Clasico Real Madrid kontra Barcelona di Santiago Bernabeu.

Pemain berusia 35 tahun itu bisa menyaksikan duel akbar mantan timnya tersebut lantaran jadwal Juventus yang "kosong" menyusul duel menjamu Inter Milan dalam Derby. d'Italia, yang semestinya dimainkan pada Minggu malam itu, batal dipertandingkan dan dijadwal ulang pada Senin waktu setempat (9/3/2020).

Sementara, Ronaldo selama ini dikenal sangat dekat dengan sang ibunda. Dalam berbagai kesempatan, Ronaldo tak sungkan memperlihatkan bahwa Dolores Aveiro merupakan sosok pahlawan dalam kehidupannya. Terutama, lantaran hubungannya dengan sang ayah, yang kurang baik.

Ini bukan kali pertama Dolores Aveiro berhadapan dengan tantangan kesehatan. Pada 2019, ia pernah mengungkapkan bahwa kanker payudara yang pernah dikalahkannya sejak didiagnosis pada 2007, kembali menyerangnya.

 

3 dari 3 halaman

Jalani Operasi

"Payudara saya (yang lain) dioperasi di Madrid, saya menjalani radioterapi, dan sekarang saya berjuang untuk hidup saya," kata Dolores ketika itu, sambil menambahkan, kali ini tak ada yang mengetahui bahwa ia menderita kanker payudara lagi untuk kedua kalinya.

Pada 2009, sebagai ungkapan terima kasih, Ronaldo mendonasikan sebesar 100 ribu paun (Rp1,8 miliar) untuk membangun pusat kanker di  rumah sakit yang telah berhasil membantu kesembuhan Dolores untuk melawan kanker payudara yang pertama.

Sumber: Marca, Football Italia

Disadur dari Bola.com (Aning Jati/Aning Jati, published 4/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓