Sukses

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Wajah Baru San Mames

Stadion San Mames menggelar empat pertandingan di Piala Eropa 2020.

Jakarta - Tak seperti mayoritas negara lain yang mengandalkan stadion di ibu kota masing-masing, Spanyol justru diwakili Bilbao di Piala Eropa 2020.

Pada Piala Eropa 2020 musim panas mendatang, Estadio San Mames, yang merupakan kandang Athletic Bilbao rencananya bakal menjadi venue beberapa laga di Grup E yang diisi Spanyol dan babak 16 besar.

San Mames merupakan venue baru sejak 2013. Bangunan ini menggantikan wujud lama stadion yang berdiri sejak 1913 silam. Stadion baru ini pun terkadang disebut San Mames Barria.

San Mames lama merupakan stadion tertua di Spanyol. Stadion berkapasitas 40 ribu penonton ini dinamakan demikian karena dibangun di dekat sebuah gereja bernama San Mames.

Setelah menjadi saksi kejayaan Bilbao dalam beberapa periode berbeda, San Mames akhirnya dihancurkan pada Juni 2013 untuk digantikan dengan stadion baru yang dibangun tepat di sebelahnya.

Wacana untuk menggantikan stadion lama dengan yang baru mulai mengemuka sejak 2004 dan akhirya disetujui pada 2006. Stadion baru mulai dibangun sejak 2010 di atas lahan yang sebelumnya menjadi tempat Pameran Internasional Bilbao.

Stadion baru ini memiliki kapasitas 53 ribu tempat duduk dan dibuka dengan pertandingan antara Athletic Bilbao versus Celta Vigo yang berkesudahan dengan skor 3-2 pada 16 September 2013 silam.

Kala itu stadion baru masih baru rampung sepertiga. Satu sisi masih dibiarkan guna membuat Athletic Bilbao masih bisa bermain di stadion yang lama. Pembangunan pun dilanjutkan dan benar-benar 100 persen rampung sebelum musim 2014-15.

Stadion San Mames Barria ini dibangun dengan menghabiskan dana sebesar 211 juta euro. Beberapa pihak menyumbang dana untuk pembangunan stadion ini, di antaranya pemerintah Basque, pemerintah kota Bilbao, pemerintah provinsi Biscay, Athletic Bilbao, dan Kutxabank.

Stadion baru nan modern ini dilengkapi dengan fitur pencahayaan futuristik pada bagian eksterior. Tak hanya itu, sebuah layar raksasa berukuran 15,5 meter x 9,8 meter juga dipasang di bagian luar stadion.

Sejak 2017, pihak klub membuka museum baru di stadion ini. Selain itu, di tahun yang sama Athletic juga memutuskan untuk memperpanjang atap stadion, merespons kritik para suporter yang merasa tetap basah kuyup jika terjadi hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Bersejarah di San Mames

San Mames lama pernah menjadi venue gelaran akbar Piala Dunia 1982. Kala itu San Mames menjadi tempat dimainkannya tiga laga putaran grup yang seluruhnya melibatkan Inggris.

Sementara itu, stadion San Mames Barria pernah digunakan sebagai venue nonton bareng partai final Copa del Rey antara Athletic Bilbao kontra Barcelona yang berlangsung di Camp Nou. Sayang, kala itu Athletic kalah 1-3.

San Mames Barria juga pernah menjadi tempat digelarnya partai final European Rugby Challenge Cup dan Champions Cup edisi 2018 lalu. Ketika itu jumlah penonton yang hadir menjadi rekor tertinggi di San Mames, yakni mencapai 52.282 orang.

Pada Januari 2019 lalu, San Mames memanggungkan partai Copa de la Reina antara tim wanita Athletic Bilbao versus Atletico Madrid. Laga ini memecahkan rekor penonton terbanyak dalam sejarah sepak bola wanita Spanyol, yakni 48.121 orang.

Selain sepak bola dan olah raga lainnya, San Mames juga kerap dipakai sebagai venue konser berskala internasional. Tercatat beberapa band dan penyanyi top dunia pernah menggelar konser di San Mames, baik yang lama maupun baru, mulai dari AC/DC, Shakira, Guns N'Roses, hingga Muse.

3 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan di Piala Eropa 2020

Stadion San Mames akan menjadi venue di pentas Piala Eropa 2020. Tuan rumah Spanyol akan memainkan seluruh pertandingan mereka pada babak penyisihan grup di stadion ini.

Menariknya, ini merupakan kali pertama dalam lebih dari 50 tahun terakhir bagi tim nasional Spanyol bermain di Basque. Menariknya lagi, San Mames justru menjadi kandang dari tim nasional tidak resmi Basque dari 2013 hingga 2016 lalu.

Rencananya, di stadion ini akan digelar sejumah pertandingan penyisihan Grup E, dan juga babak 16 Besar Piala Eropa 2020:

 

15 Juni 2020: Spanyol vs Swedia

20 Juni 2020: Spanyol vs Polandia

24 Juni 2020: Pemenang play-off B vs Spanyol

28 Juni 2020: Babak 16 Besar

 

4 dari 4 halaman

Catatan Tentang San Mames

1. Konser band rock AC/DC yang digelar di San Mames pada 28 Juni 2010 silam merupakan konser terakhir dari gitaris legendaris sekaligus salah satu pendiri band, Malcolm Young.

2. San Mames Barria mendapat penghargaan sebagai Bangunan Olahraga Terbaik Tahun 2015 dalam acara Festival Arsitektur Dunia yang digelar di Singapura.

3. Pada 2017 lalu, San Mames hampir menjadi tuan rumah laga final Copa del Rey. Sayang, hal tersebut urung terjadi karena pihak pengelola stadion tak bisa menggelar laga, penyebabnya adalah tiga hars berselang dihelat konser Guns N' Roses.

4. Obor yang menjadi ikon di stadion lama tak ikut dihancurkan, tapi dipindah ke markas latihan Athletic Bilbao di Lezama, dan dipasang di sisi lapangan yang digunakan tim cadangan dan tim wanita Athletic.

5. San Mames terletak di pusat kota Bilbao dan bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit saja dari ikon kota Bilbao, Museum Guggenheim.

 

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 25/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.