Persija Jakarta Siap Sambut Bonek dengan Syarat

Oleh Harley.Ikhsan pada 03 Mar 2020, 11:20 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 11:20 WIB
Pendukung Persebaya Surabaya, Bonek.
Perbesar
Suporter Persebaya Surabaya berpotensi hadir pada laga melawan Persija Jakarta. (Bola.com/Aditya Wany)

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta siap memberikan kuota bagi suporter Persebaya Surabaya pada laga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (7/3/2020). Namun, manajemen memiliki syarat.

Kehadiran bonek pada duel tersebut menjadi tanda tanya mengingat rivalitas kedua klub. Atas pertimbangan itu pula, panitia Piala Gubernur Jatim 2020 melarang pendukung Persija datang pada duel versus Persebaya di turnamen pramusim bulan lalu.

Meski begitu, Macan Kemayoran berniat menyambut kehadiran bonek jika aparat memberikan jaminan keamanan.

"Kalau Persija sih selalu welcome sama siapa saja. The Jakmania saya rasa bisa menerima," kata Direktur Olahraga Persija Ferry Paulus. "Kalau pihak kepolisian memberikan izin, kami akan berikan kuota untuk suporter tamu," sambungnya.

Aparat keamanan kerap melarang kehadiran suporter tamu jika rivalitas tim yang terlibat begitu tinggi. Kerusuhan hingga munculnya korban jiwa di masa lalu jadi pelajaran. Maka petugas bertindak preventif.

 

2 dari 3 halaman

Harus Menyambut Tamu

The Jakmania
Perbesar
Suporter Persija, Jakmania, yang hadir di Stadion Kanjuruhan saat laga kontra Arema (23/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Namun, Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe beberapa waktu lalu menilai kehadiran suporter tamu di stadion bisa mengurangi tensi ketegangan antarpendukung. Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri juga mendukung rencana hadirnya suporter tamu.

"Jujur, kalau dari saya pribadi, semua diizinkan. Biar ramai di stadion. Di mana pun kan setiap tim harus welcome terhadap tim tamu. Yang penting menjaga kebersamaan," tutur Cucu.

3 dari 3 halaman

Hasil Laga Pembuka

Persija mengawali Shopee Liga 1 2020 dengan positif. Mereka menaklukkan Borneo FC 3-2 di laga pembuka. Sebaliknya, persebaya harus puas bermain 1-1 melawan tim promosi Persik Kediri.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Lanjutkan Membaca ↓