Sukses

Gara-Gara Corona, CdM Olimpiade Indonesia Batal Survei ke Jepang

Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2020 Tokyo Rosan Roeslani sebelumnya berniat ke Jepang untuk mempersiapkan kepentingan Olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang terpaksa menunda rencana kedatangan perwakilan tim Indonesia yang ingin melakukan survei venue pertandingan Olimpiade 2020 akibat maraknya wabah virus corona yang kian mengkhawatirkan.

Hal itu diungkapkan oleh Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2020 Tokyo Rosan Roeslani yang berniat berkunjung ke Jepang untuk mempersiapkan kepentingan Olimpiade.

"Tiap negara kan mengajukan untuk berkunjung (ke Jepang). Nah itu ditunda dulu oleh pihak Jepang. Seharusnya Maret pekan ketiga kita ke sana," kata Rosan seperti dilansir Antara.

Selain untuk mengetahui venue pertandingan, kunjungan tersebut juga dilakukan guna meninjau lokasi atau tempat tinggal yang bakal digunakan oleh Kontingen Indonesia selama perhelatan Olimpiade 2020.

Kunjungan tersebut, menurut Rosan, menjadi amat penting sebab dapat memberi gambaran soal apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh para atlet Indonesia selama di Tokyo.

"Visit ke sana untuk lihat venue yang akan digunakan tim Indonesia dan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh atlet di Olimpiade 2020. Untuk tahu jarak dari rumah atlet ke tempat pertandingan berapa jauh kan kita bisa antisipasi," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Persiapan

Hingga saat ini, Indonesia masih terus mempersiapkan diri mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 sembari menunggu keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) soal kepastian penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu.

IOC juga masih menunggu perkembangan terkini dalam satu atau dua bulan ke depan. Keputusan terkait pembatalan atau kelanjutan Olimpiade Tokyo akan diambil selambat-lambatnya pada Mei nanti.

"Kita tetap koordinasi (dengan IOC), tapi persiapan tetap jalan," kata Rosan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Olimpiade Musim Panas yang digelar empat tahun sekali ini dihelat di Rio de Janeiro pada Agustus 2016
    Olimpiade Musim Panas yang digelar empat tahun sekali ini dihelat di Rio de Janeiro pada Agustus 2016

    Olimpiade

  • Olimpiade Musim Panas yang digelar empat tahun sekali ini dihelat di Tokyo pada bulan Juli 2021
    Olimpiade Musim Panas yang digelar empat tahun sekali ini dihelat di Tokyo pada bulan Juli 2021

    Olimpiade 2020