AFC Segera Temui FIFA Bahas dampak Virus Corona ke Kualifikasi Piala Dunia 2022

Oleh Luthfie Febrianto pada 02 Mar 2020, 17:50 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 17:50 WIB
Logo AFC
Perbesar
AFC. (Bola.com/AFC)

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak tinggal diam terhadap mewabahnya virus Corona. AFC segera bertemu FIFA membahas dampak virus Corona bagi sejumlah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Menurut situs resminya, AFC akan bertemu FIFA membahas laga yang berlangsung pada Maret dan Juni 2020. AFC juga telah membahas nasib beberapa laga di zona timur pada pertemuan sebelumnya di Kuala Lumpur, Malaysia.

"AFC akan bertemu FIFA kemudian negara-negara di Zona Barat sebelum membuat keputusan final untuk kompetisi ini," demikian tulis keterangan resmi. 

AFC menegaskan, pihaknya pro-aktif membahas dampak virus Corona terhadap jalannya dua ajang kualifikasi tersebut. AFC menyadari banyak negara kini mengeluarkan larangan bepergian kepada warganya ke luar negeri.

Akibatnya, banyak pertandingan yang terancam batal digelar. "Tim nasional yang tidak dapat menjamu atau bertandang ke tim lawan semakin banyak," tulis AFC.

Virus Corona (COVID-19) pertama kali ditemukan di daerah Wuhan, Tiongkok. Kini, virus tersebut telah menyebar ke sejumlah negara baik dari benua Asia, Eropa, maupun Amerika.

Data terbaru yang dirilis Channel News Asia menyebutkan, COVID-19 telah menginfeksi hampir 90.000 orang dan memakan lebih dari 3.000 nyawa.

AFC merencanakan, usai pertemuan dengan FIFA, mereka akan mengumumkan jadwal baru untuk match day ke-7, 8, 9 dan 10. "Pertemuan yang sudah terjadwal selanjutnya akan juga membahas tentang AFC Cup di zona ASEAN dan Barat," tulis mereka.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich

Pesatnya penyebaran virus itu membuat tim-tim yang masih berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 khawatir terinfeksi. Timnas Indonesia masuk ke dalam kategori yang masih berlaga di pentas itu.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertama, Indonesia akan melawat ke Rajamangala Stadium untuk meladeni tuan rumah, Thailand.

Skuat Garuda yang kini dilatih Shin Tae-yong kemudian akan menjamu Uni Emirat Arab (UEA) dan meladeni tuan rumah Vietnam. Timnas Indonesia sudah dipastikan tidak lolos ke fase berikutnya.

3 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

26 Maret 2020

Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020 

Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020

Vietnam Vs Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓