MotoGP Qatar Resmi Dibatalkan Gara-Gara Wabah Corona

Oleh Thomas pada 02 Mar 2020, 07:30 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 07:30 WIB
Selebrasi Danilo Petrucci Juara MotoGP Italia
Perbesar
Ilustrasi MotoGP (AP)

Liputan6.com, Losail- Dorna resmi memutuskan membatalkan seri perdana MotoGP 2020 di Qatar. Penyebab dibatalkanya MotoGP Qatar tak lain akibat semakin parahnya wabah virus Corona baru atau Covid-19.

MotoGP 2020 seharusnya dimulai akhir pekan nanti di Qatar. Awalnya MotoGP Qatar diperkirakan tetap berlangsung di tengah wabah virus Corona.

Setelah melakukan pertemuan, Dorna, FIM, IRTA akhirnya memutuskan untuk membatalkan MotoGP Qatar. Meski demikian, balapan kelas Moto2, Moto3 serta Asia Telant Cup tetap akan berlangsung.

Langkah pembatalan MotoGP Qatar tak lepas dari adanya pembatasan kunjungan ke negara Timur Tengah tersebut, terutama dari Italia.

Seperti diketahui saat ini virus Corona semakin parah di Italia. Korban jiwa telah mencapai lebih dari 20 orang.

 

 

2 dari 3 halaman

Karantina

Pemerintah Qatar memutuskan penumpang dari Italia harus dikarantika terlebih dahulu selama menimal 14 hari jika mengunjungi negara mereka.

Celakanya banyak pembalap MotoGP maupun kru yang berasal dari Italia. Sebut saja Valentino Rossi, Franco Morbidelli, hingga Andrea Dovizioso.

3 dari 3 halaman

Seri Selanjutnya

MotoGP
Perbesar
Ilustrasi MotoGP. (MotoGP)

"Karena adanya pembatasan kunjungan ke Qatar yang diberlakukan mempengaruhi para penumpang dari Italia (di antara negara-negara lain), kelas primer tidak akan digelar di Losail. FIM, IRTA, dan Dorna dengan menyesal mengumumkan pembatalan seluruh sesi dari kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," demikian pernyataan resmi FIM seperti dilansir Crash.

Setelah seri Qatar, MotoGP 2020 rencananya akan berlanjut ke Thailand. Belum ada keputusan apakah seri Thailand akan tetap berlangsung mengingat Corona juga menyerang Negeri Gajah Putih.

Lanjutkan Membaca ↓