Sukses

Shopee Liga 1 2020: Boaz Cetak Gol, Persipura Bungkam PSIS 2-0

Persipura Jayapura mengawali Shopee Liga 1 2020 dengan positif.

Jakarta - Persipura Jayapura mengawali Shopee Liga 1 2020 dengan positif. Juara Indonesia empat kali ini menaklukkan PSIS Semarang 2-0 di Stadion Klabat, Manado, Minggu (1/3/2020).

Butuh 55 menit bagi Persipura untuk menjebol gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra. Pelaku pembobol pertama gawang Mahesa Jenar adalah pemain senior, Boaz Solossa.

Praktis, ini menjadi gol pertama sosok pemain fenomenal di tim Mutiara Hitam tersebut untuk musim ini. 

Skuat Persipura, yang mulai terbiasa jadi tim musafir, tetap bermain normal layaknya bermain di markas asli, Stadion Mandala. Tim besutan pelatih Jacksen F Tiago ini berinisiatif menyerang di awal-awal pertandingan.

Berbagai peluang berhasil diciptakan tim tuan rumah, namun skor 0-0 masih belum berubah hingga laga berjalan 20 menit.

Keberadaan Jandia Eka di bawah mistar PSIS untuk menyulitkan Persipura untuk mencetak gol.

PSIS bahkan sempat mengejutkan dengan melakukan serangan balik cepat diakhiri dengan upaya Hari Nur Yulianto, yang hampir mengubah skor, pada menit ke-33. Namun, peluang itu gagal jadi gol buat Mahesa Jenar.

Begitu pula usaha Komarudin pada menit ke-40, masih belum mampu membuat skor berubah hingga turun minum.

Setelah jeda pertandingan, kedua tim kembali membangun serangan untuk saling membobol gawang lawan. Dalam sebuah serangan ke sisi kiri pertahanan PSIS, Persipura akhirnya bisa memecah kebuntuan.

Boaz Solossa dengan sigap menyambut bola muntahan hasil tembakan Thiago Amaral, dan melesakkan bola itu tanpa mampu dicegah Jandia. Skor 1-0 untuk Persipura pada menit ke-55.

PSIS, yang dalam tertinggal, berupaya memburu gol. Tim asuhan pelatih Dragan Djukanovic ini melancarkan tekanan demi tekanan. Namun, belum mampu menggetarkan jala gawang tuan rumah kawalan kiper Dede Sulaiman.

Asyik menyerang, PSIS justru dikejutkan dengan serangan balik yang diperagakan skuat Persipura. Kali ini dari sisi kanan pertahanan PSIS. 

Gunansar Mandowen tak membuang percuma bola yang diterimanya. Ia mengecoh Jandia dan bek PSIS, yang gagal menghalau bola, serta menceploskan gol kedua buat tim Mutiara Hitam pada menit ke-88. Skor menjadi 2-0.

Keunggulan itu berhasil dipertahankan Persipura hingga pertandingan usai. Boaz Solossa dan kawan-kawan menang 2-0 atas PSIS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-4-2): Dede Sulaiman; Israel Wamiau, Arthur Cunha, Yustinus Pae, David Rumakiek; Takuya Matsunaga, M. Tahir, Todd Ferre, Thiago Amaral; Boaz Solossa, Sylvano Comvalius

Pelatih: Jacksen F. Tiago

PSIS Semarang (4-2-3-1): Jandia Eka; Wallace Costa, Rio Saputra, Safrudin Tahar, Wahyu Prasetyo; Fandi Eko, Finky Pasamba, Jonathan Cantilana, Septian David Maulana, Komarudin; Harry Nur

Pelatih: Dragan Djukanovic

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati, published 1/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.