Marco van Basten Sentil Fans Cristiano Ronaldo: Tak Mengerti Sepak Bola

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 01 Mar 2020, 05:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 05:30 WIB
Ronaldo hingga Van Basten Hadiri The Best FIFA Football Awards 2019
Perbesar
Mantan penyerang AC Milan asal Belanda Marco Van Basten berpose saat tiba menghadiri The Best FIFA Football Awards 2019 di Teatro alla Scala di Milan (23/9/2019). (AFP Photo/Tiziana Fabi)

Jakarta Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu memunculkan perdebatan terkait siapa yang lebih hebat di antara fans sepak bola. Keduanya juga menjadi pengkoleksi Ballon d'Or terbanyak.

Messi memiliki keunggulan satu trofi Ballon d'Or dari Ronaldo setelah menang pada 2019. La Pulga kini mengoleksi 6 trofi.

Perolehan jumlah trofi Ballon d'Or ini dibarengi dengan 626 gol dalam 716 penampilan untuk Barcelona. Messi juga memenangkan semua trofi bergengsi bersama Barcelona.

Cristiano Ronaldo mungkin memiliki satu lebih sedikit. Tetapi, megabintang Portugal itu memenangkan gelar liga di tiga negera berbeda.

Selain itu, Ronaldo juga mempersembahkan dua trofi Internasional untuk Timnas Portugal. Itu membuat beberapa penggemar sepakbola terbagi menjadi kubu Ronaldo atau Messi.

Namun, menurut pemenang Ballon d'Or tiga kali, Marco Van Basten, para penggemar yang menganggap Cristiano Ronaldo lebih baik daripada Messi tidak mengerti sepak bola.

2 dari 3 halaman

Alasan Marco van Basten

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Pemain Terbaik FIFA 2017
Perbesar
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berbincang dengan striker Barcelona, Lionel Messi, saat acara penghargaan pemain terbaik FIFA 2017 di London, Senin (23/10/2017). Cristiano Ronaldo berhasil meraih pemain terbaik FIFA 2017. (AFP/Ben Stansall)

Marco van Basten memiliki alasan tersendiri sehingga berkata demikian. Ia menjelaskan alasan tersebut saat wawancara dengan Corriere della Sera dikutip Give Me Sport, Sabtu (29/2/2020).

"Ronaldo adalah pemain hebat. Tetapi mereka yang mengklaim dia lebih kuat dari Messi tidak mengerti sepak bola atau beritikad buruk," kara Van Basten.

"Messi itu unik. Tidak bisa ditiru dan tidak dapat diulang. Ia merupakan pemain yang ada setiap lima puluh tahun. Sebagai seorang anak, ia jenius dalam sepak bola," ungkap mantan pemain AC Milan itu.

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/published 29/2/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓