Sukses

3 Alasan Mengapa Liga Inggris Masih Butuh Pertolongan VAR

Penggunaan sistem VAR memang masih memunculkan kontroversi. Selama ini masih ada wasit yang kesulitan menerapkannya sehingga menyebabkan masalah.

Liputan6.com, Jakarta Dinamika terus berlangsung selama musim Liga Inggris musim lalu. Mulai dari laju tak terkalahkan Liverpool di puncak klasemen, Tottenham memecat Mauricio Pochettino dan menggantikannya dengan Jose Mourinho, hingga penampilan mengejutkan Sheffield United.

Namun, hal paling penting tentang Liga Inggris musim 2019 -20 adalah penggunaan sistem VAR (Video Assistant Referee). Tapi, setiap minggu tampaknya selalu memunculkan kontroversi dari putusan VAR, apakah itu soal offside yang aneh, gol yang dianulir karena handball, atau kartu merah yang dipertanyakan.

Keputusan-keputusan itu tentu saja bisa mengecewakan penggemar klub tertentu. Karenanya, mereka juga kerap meributkan persoalan ini pada pihak Liga Premier.

Melihat situasi tersebut, haruskah Liga Inggris membatalkan eksperimen dan menyingkirkan VAR untuk musim 2020-21? Jawabannya antara ya dan tidak. Faktanya, ada banyak alasan bagi Liga Premier untuk bertahan dengan sistem VAR - dan inilah 3 di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalahnya Implementasi

Sangat menarik untuk dicatat bahwa penggemar sepak bola telah berteriak selama bertahun-tahun bahwa permainan harus menggunakan lebih banyak teknologi video, dan sekarang Liga Premier telah memperkenalkan VAR, tapi tampaknya tak ada yang bahagia. Kenyataannya adalah bahwa sistem VAR itu sendiri bukan persoalan - itu adalah cara wasit Liga Premier menerapkannya yang menyebabkan masalah.

Di Piala Dunia 2018, misalnya, VAR digunakan namun sistem terasa sangat berbeda dengan yang dikenakan pada Liga Premier. Di Piala Dunia - dan di liga-liga lain di sekitar Eropa - para pejabat yang menggunakan VAR didorong untuk menggunakan monitor lapangan untuk mengambil keputusan tentang suatu insiden.

Di sisi lain, di Liga Premier monitor tidak digunakan, dan sebagai gantinya, pejabat perlu mengandalkan wasit lain - menonton pertandingan dari jarak jauh di Stockley Park - untuk memberi mereka saran tentang panggilan yang harus dilakukan.

3 dari 4 halaman

Para Pemain Harus Terbiasa

Banyak penggemar mungkin akan senang jika Liga Premier mengumumkan penghapusan VAR untuk musim 2020-21. Tapi, masalah terbesar dengan membuat keputusan semacam itu adalah bahwa hal itu tidak akan berpengaruh pada penggunaan VAR di tempat lain.

Jika itu hanya sistem maka mungkin masuk akal, tapi faktanya bintang-bintang Liga Premier masih harus berurusan dengan VAR di tempat lain - dalam pertandingan internasional dan Eropa - bahkan jika sepakbola Inggris harus menyingkirkannya.

Masalah apa yang bisa muncul? Nah, bayangkan sekelompok pemain yang sama sekali tidak terbiasa dengan VAR - tim nasional Inggris, dalam hal ini - bermain di Piala Dunia dengan sistem yang ada; mereka dapat dengan mudah jatuh dari sesuatu seperti sistem peninjauan kartu merah VAR, atau bola tangan yang dipertanyakan yang hanya diambil oleh kamera VAR.

Itu berarti bahwa selama VAR adalah bagian dari sepak bola, Liga Inggris perlu mematuhinya dan menemukan cara untuk membuatnya bekerja.

4 dari 4 halaman

Tidak Sempurna

Dengan para penggemar mengeluh tentang VAR musim ini, para pejabat Liga Premier sebenarnya jarang melakukan kesalahan sebelum penerapan sistem baru.

Sebelumnya, fans sepakbola selalu mengeluh tentang keputusan wasit, penalti yang kontroversial, offside yang dipertanyakan atau kartu merah yang aneh.

Sudahkah VAR benar-benar membantu meningkatkan kelancaran kompetisi? Memang belum, tetapi juga sulit untuk membantah bahwa itu membuat keadaan tidak menjadi jauh lebih buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.