Sukses

AFC Cup 2020: PSM Makassar Gebuk Wakil Myanmar

PSM meraih kemenangan setelah kalah 1-2 dari wakil Singapura, Tampines Rovers, pada laga sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar menang 3-1 atas tamunya, Shan United pada lanjutan Grup H AFC Cup 2020, Rabu (26/2/2020). Bermain di Stadion Madya, Jakarta, Juku Eja menang berkat gol Giancarlo (3'), Yakob Sayuri (53'), dan Ferdinand Sinaga (90').

Sementara satu gol hiburan Shan United dilesakkan Htet Phyo Wai di menit ke-78.

PSM membidik kemenangan pada partai ini setelah kalah 1-2 dari wakil Singapura, Tampines Rovers, pada partai pertama. Raihan tiga angka bakal menjaga peluang PSM lolos dari grup H AFC Cup 2020.

Hal yang sama berlaku bagi Shan United. Kekalahan 0-2 dari wakil Filipina, Kaya FC membuat Shan United tidak punya pilihan selain memetik poin di laga ini.

PSM membuka keunggulan pada menit ke-3. Umpan melengkung Asnawi dari sisi kanan disambut tandukan pemain asal Brasil, Giancarlo.

Shan United mencoba menyerang pertahanan PSM. Namun usaha mereka lebih banyak terhenti di tengah lapangan.

Juku Eja yang kini dilatih Bojan Hodak terlihat mengandalkan kedua sisi sayap untuk membongkar pertahanan Shan United. Umpan-umpan silang ke kotak penalti pun dilepaskan ke kotak penalti wakil Myanmar itu.

Memasuki menit ke-30, tempo pertandingan melambat. Bola lebih banyak bergulir di daerah tengah lapangan.

Alhasil, hingga babak pertama selesai, PSM masih unggul satu gol atas Shan United.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Meski bermain sebagai bek kanan, Asnawi terlihat menjadi poros serangan PSM ke pertahanan Shan. Eks bek timnas Indonesia U-19 itu beberapa kali melancarkan umpan silang berbahaya ke gawang lawan.

Taktik PSM mengandalkan sisi sayap kembali membuahkan hasil. Tusukan Leo Guntara di sisi kanan pertahanan Shan mengawali gol kedua PSM yang dicetak Yakob Sayuri.

Umpan silang Leo sukses dimanfaatkan Yakob dengan tendangan keras pada menit ke-53. PSM pun unggul 2-0 atas Shan United.

PSM sedikit lengah memasuki menit ke-70. Akibatnya, Shan United memperkecil ketinggalan lewat gol Htet Phyo Wai tepatnya di menit ke-78.

PSM akhirnya memupus harapan Shan United lewat gol Ferdinand Sinaga di penghujung laga. Ferdinand yang lolos dari pengawalan tanpa ampun menceploskan bola untuk membuat PSM menang 3-1.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

PSM Makassar: M. Saputra, Dedi Gusmawan, Asnawi Bahar, El Dor, Sanggiawan, Rizky Pellu, Leo Guntara, Ahmad Agung, Giancarlo, Osas Saha, Yakob Sayuri

Shan United: Thiha Sithu, Tagoe, Hein Thiha Zaw, Nanda Kyaw, Hein Phyo, Ye Min Thu, Nyein Chan, Yan Naing Oo, Djawa, Abubakar, Aung Pyae Sone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.