Sukses

Eks Presiden Real Madrid Ungkap Kesepakatan Rahasia di Balik Transfer Cristiano Ronaldo

Mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, menceritakan kisah perekrutan sensasional Cristiano Ronaldo.

Jakarta - Transfer Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Real Madrid pada musim panas 2009 mengawali inflasi harga pemain. Namun, Los Blancos tidak rugi mengeluarkan dana besar menyusul kontribusi megabintang asal Portugal itu.

Cristiano Ronaldo menjadi satu di antara pemain terbaik di dunia yang memenangkan segalanya di Santiago Bernabeu. Ia tampil sebagai striker tersubur sepanjang masa Real Madrid dengan 450 gol.

Kekasih Georgina Rodriguez ini hanya memenangkan dua gelar La Liga dalam sembilan musim. Namun, ia membatu raksasa Spanyol itu meraih empat trofi Liga Champions dalam kurun waktu lima tahun.

Sempat terbesit kisah bagaimana Real Madrid bisa mendatangkan Ronaldo pada 2009. Padahal sang pemain baru memperpanjang kontrak bersama Manchester United pada 2008.

Melansir Give Me Sport, Selasa (25/2/2020), mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, menceritakan kisah perekrutan sensasional kala itu.

"Dia memperpanjang kontraknya dengan United (pada 2008) tetapi dia memiliki komitmen untuk datang ke Real Madrid setahun kemudian, dia berkata, 'Saya akan pergi'," kata Calderon.

"Kami tahu pasti dia akan datang, sebab itulah kami mengajukan kesepakatan dengan penalti 30 juta euro untuk kedua belah pihak," imbuhnya.

"Itu berarti jika kita tidak mematuhi kontrak, kami harus membayar Cristiano 30 juta euro dan sebaliknya, dia harus membayar kami jika mengingkari," lanjutnya.

"Klausul hukum ini adalah cara yang tepat untuk memperkuat komitmen Cristiano Ronaldo dan Real Madrid," tegas Calderon.

Saksikan Video Cristiano Ronaldo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Kenakan Nomor Punggung 9

Cristiano Ronaldo memakai nomor punggung 9 ketika pertama kali datang ke Real Madrid. Nomor punggung favoritnya saat itu, dipakai oleh Raul Gonzalez.

Raul bukan orang sembarangan, ia mendapat julukan sebagai Pengeran Madrid. Ronaldo perlu menunggung satu musim untuk mengenakan nomor tersebut.

Raul pindah pada musim panas 2010 menuju Schalke dan masa kejayaan Ronaldo di Santiago Bernanbeu akhirnya dimulai.

Ronaldo baru meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2018. Pemain berjuluk CR7 itu hijrah ke Italia untuk mencari tantangan bersama Juventus. 

 

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hanif Sri Yulianto/Editor: Yus Mei Sawitri, published 25/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.