Marc Marquez Jatuh Saat Tes Hari Kedua Qatar, Cedera Bahu Belum Sembuh

Oleh Windi.Wicaksono pada 24 Feb 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 10:00 WIB
Tes Pramusim Motogp Sepang 2019
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika menjalani tes pramusim MotoGP. (AFP/Mohd Rasfan)

Liputan6.com, Losail - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku kesulitan melakoni tes pramusim MotoGP 2020 di Qatar. Hal itu karena cedera bahu yang diderita Marquez belum benar-benar sembuh.

Bahkan, juara dunia MotoGP 2019 ini merasa lebih kewalahan dibanding ketika tes di Malaysia. Selain itu, desain trek Sirkuit Losail, Qatar, yang memiliki 10 tikungan ke kanan tampaknya memberi beban lebih terhadap bahu kanan Marquez, yang dioperasi akhir tahun lalu.

Marc Marquez sempat terjatuh di tikungan 8 dalam tes hari kedua di Qatar. Insiden itu terjadi karena pembalap berjulukan The Baby Alien tersebut terlalu mendorong dengan kakinya untuk mengimbangi bahunya yang masih kurang kuat.

"Kecelakaan di Tikungan 8 terjadi ketika saya berganti arah. Di titik itu saya mengganti arah tak seperti biasanya, dan khususnya ketika saya lelah," ucap Marc Marquez, seperti dilansir situs resmi MotoGP.

"Saya lebih banyak mendorong dengan kaki karena saya tak bisa melakukannya dengan bahuku, serta saya terlalu kuat mendorong dengan kaki saya, kehilangan bagian depan dan dengan bahu ini saya tak bisa mengembalikannya dan seketika saya jatuh," terangnya.

Pada hari kedua tes Qatar, Marc Marquez finis di urutan ke-14 dan terpaut 1,055 detik dari rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, mencatatkan waktu tercepat dalam sesi itu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lebih Kewalahan

Marc Marquez
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, masih kesakitan karena cedera bahunya belum sembuh. (AFP/Jean-Francois Monier)

"Di sirkuit ini saya lebih kewalahan dari pada di Malaysia. Malaysia dengan gaya membalap yang berbeda, sementara di sini dengan tikungan panjang dan tikungan kanan panjang, saya lebih banyak kesulitan," ungkap Marquez.

"Saya mampu mengendara cukup baik, tapi kami mencoba untuk tak menekan di hari pertama. Saat ini kami jauh dari mereka yang ada di depan," jelas pembalap berusia 27 tahun itu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Titik Kelemahan

Marc Marquez menyadari dia dan timnya harus berbenah ketika menyambut hari tes terakhir di Losail. Sebab, dia merasa setiap tahun, semua titik kelemahan dirinya dan Repsol Honda berada di Qatar.

Seri pembuka MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 8 Maret mendatang. Marc Marquez kini satu tim dengan sang adik, Alex Marquez, yang menggantikan Jorge Lorenzo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓