Sukses

Data dan Fakta Kompetisi Esports Liga Spanyol

eLaLiga musim ketiga akan diikuti oleh 34 klub La Liga Spanyol, yakni dari La Liga Santander (divisi utama) dan La Liga Smartbank (divisi dua).

Jakarta- eLaLiga akan menggelar musim ketiganya. Pada edisi kali ini, kompetisi eSports yang mempertandingan atlet profesional gim FIFA ini mengalami banyak perubahan.

Turnamen ini diinisiasi oleh Electronic Arts (EA Sports) dan La Liga. EA Sports merupakan sebuah badan yang memiliki lisensi resmi FIFA Global Series di Spanyol. Ada pun ini adalah kerjasama kedua dari tiga edisi sebelumnya.

Berbeda dengan dua edisi sebelumnya, eLaLiga kali ini diikuti oleh 34 klub La Liga Spanyol, yakni dari La Liga Santander (divisi utama) dan La Liga Smartbank (divisi dua). Jumlah ini da kali lipat dari eLaLiga musim lalu, yakni mencapai 17 peserta. Sementara pada edisi perdana hanya diikuti oleh 10 peserta.

Pada sebuah acara khusus yang digelar di Palacio de Neptuno di Madrid, Jumat (21/2/2020), hadir langsung Presiden La Liga, Javier Tebas, VP dan Direktur Utama EA Sports FIFA, Nicholas Wlodyka.

Menurut Javier Tebas, keterlibatan klub-klub dalam proyek esports ini, yang telah dimulai sejak tiga musim lalu, telah menjadi vital bagi perkembangan danpertumbuhan proyek ini.

"Dengan kompetisi ini, LaLiga menargetkan untuk menebar nilai positif sepakbola lebih dekat dengan masyarakat melalui inovasi teknologi dan memasuki dunia digital yang diadaptasi untuk sepak bola," Tebas menuturkan melalui rilis yang diterima Bola.com.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Turnamen dan Hadiah Terbesar

Kompetisi akan dimulai sore ini di Palacio de Neptuno dengan format turnamen di musim ini, yang mana 16 pemain terbaik dari 34 klub yang telah bermain selamabeberapa minggu terakhir akan bergabung.

Acara kompetitif selanjutnya akan dimulai dari tanggal 2 hingga 6 Maret dan 16 hingga 20 Maret dalam Turnamen Daring Pertama dan Kedua, di mana pemainamatir dapat bergabung dengan mendaftar di situs kompetisi.

Total 16 pemain yang menempati posisi teratas dari tabel klasemen pada saat ini akan menghadiri Turnamen tengah musim pada tanggal 1 April, yang akan dilangsungkan di Kota Barcelona.

Turnamen daring ketiga akan dimainkan dari tanggal 13 hingga 16 April, untuk menentukan 16 finalis yang akan melaju ke Madrid untuk masuk ke babak Final pada tanggal 9 Mei.

Hanya satu pemain yang akan mendapatkan trofi juara eLaLiga Santander 2019/20, dan membawa pulang hadiah 40 ribu euro dari total 100 ribu euro yang akan dianugerahkan kepada para juara dalam kategori kompetisi ini.

3 dari 3 halaman

Disiarkan Langsung oleh YouTube La Liga

Guna mencakup masa secara optimal, La Liga turut membantu dengan menyediakan varian platform media sosial. Penikmat bisa mendapatkan informasi lengkap lewat akun Twitter eSports La Liga yang telah memiliki lebih dari 13.000 pengikut.

Selain itu, sudah dibuat pula akun Instagram @eLaLiga dan Twitch @eLaLiga. Bahkan, situs yang didedikasikan secara spesial juga telah dibuat, yang bisa diakses di www.elaliga.gg.

Kanal resmi La Liga, seperti La Liga Sports TV, LaLiga.com, dan Facebook juga menyiarkan langsung pertandingan eLaLiga.

Disadur dari Bola.com (penulis Gregah Nurikhsani, published 22/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.