Sukses

India Heboh, Peserta Karapan Kerbau Lewati Rekor Usain Bolt

Srinivas Gowda dianggap bakal jadi penerus Usain Bolt bila mendapat latihan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Setelah satu dekade, rekor yang diciptakan pelari asal Jamaika, Usain Bolt akhirnya terpecahkan. Namun bukan oleh sesama pelari, melainkan salah seorang peserta karapan kerbau di India.

Di lintasan lari, Usain Bolt masih menjadi manusia tercepat di dunia. Pengoleksi delapan medali emas Olimpiade itu mencatat rekor 9.58 detik pada nomor lari 100 meter di Berlin, Jerman, 2009 lalu. Hingga Usain Bolt akhirnya pensiun, tidak satu pelaripun yang mampu melewati rekor tersebut.

Namun di India, banyak yang percaya rekor itu sudah terpecahkan oleh seorang pekerja bangunan bernama Srinivas Gowda. Seperti dilansir The Sun, pria berusia 28 tahun itu mencatat rekor baru saat mengikuti ajang Karapan Kerbau yang berlangsung di Kambala, India, belum lama ini.

Di ajang tersebut, Gowda harus berlari mengiringi dua kerbau di lintasan berair. Menempuh jarak sejauh 142 meter, Gowda mencatat waktu 13.62 detik. Sementara saat menyentuh jarak 100 meter, Gowda mencatat waktu 9,55 detik atau 0,03 detik lebih cepat dari rekor yang diukir Usain Bolt.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dijanjikan Pelatih Hebat

Meski bukan ajang kejuaraan resmi, penampilan Gowda di Kambala telah melambungkan namanya. Catatan waktunya membuat penasaran para pejabat di India, termasuk kementerian olahraga India. 

Menteri Olahraga, Kiren Rijiu sendiri telah bertemu dengan Gowda. Dia kemudian berjanji akan menyiapkan pelatih-pelatih ternama untuknya. "Ya @PMuralidharRao. Resmi, SAI telah menghubunginya. Tiket kereta sudah siap dan dia akan tiba di pusat SAI, Senin ini," tulisnya di Twitter.

"Saya akan pastikan dia ditangani pelatih hebat. Kita tim @narendramodi dan akan melakukan apa saja untuk mencari atlet," tulisnya. Cerita Gowda kini telah menyebar di media sosial.

 

Fenomena Gowda juga diunggah oleh politisi ternama India, Muralidhar Rao. "India akan bangkit dan bersinar dengan caranya sendiri. 100 meter hanya dalam waktu 9.55 detik, ini luar biasa. Latihan yang tepat untuk Srinivas Gowda bakal membantunya mengharumkan nama negara ini," tulisnya.

 

3 dari 3 halaman

Hebohkan Netizen

Gowda sebenarnya bukan satu-satunya sosok yang mampu melewati rekor Usain Bolt. Sebelumnya, seorang pemuda berusia 18 tahun, Matthew Boling, juga dianggap sebagai penerus Bolt usai mencatatkan waktu 9.98 detik untuk jarak 100 meter pada lomba lari di Huston, Texas.

Meski demikian, tidak sedikit yang berharap Gowda bakal sukses sebagai pelari. 

"Orang ini pasti dapat merebut medali Olimpiade," tulis seorang pengguna media sosial di India. 

"Jika catatan waktunya akurat, ini adalah penemuah hebat," tulis yang lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.