Sukses

Prediksi Persebaya Vs Persija: Misi Macan Kemayoran Rusak Dominasi Jawa Timur

Persija Jakarta bakal mencoba untuk menjadi klub luar Jawa Timur pertama yang memenangi Piala Gubernur Jatim saat menghadapi Persebaya di laga final.

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta bakal mencoba untuk mengakhiri dominasi Jawa Timur saat melawan Persebaya Surabaya pada final Piala Gubernur Jatim 2020 di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Sejak 2002, kala Piala Gubernur Jatim pertama kali dihelat, belum ada tim dari luar Jatim yang bisa melakukannya.

Persebaya baru saja mengalahkan sesama klub Jatim, Arema FC 4-2 di semifinal Piala Gubernur Jatim. Padahal, Arema FC sulit dikalahkan saat fase grup.

Di sisi lain, Persija datang dengan skuatnya yang bertabur pemain bintang di ajang ini. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu menjadi satu-satunya kontestan Piala Gubernur Jatim 2020 yang belum terkalahkan.

Itulah mengapa Persebaya siap penuh menghadang ambisi Persija untuk menjadi klub luar Jatim pertama yang memenangi trofi Piala Gubernur Jatim. Meski pelatih Persebaya, Aji Santoso tak mau menyebutnya seperti itu.

"Tidak perlu seperti itu. Yang penting, Persebaya bermain sebaik mungkin. Menurut saya, bukan masalah harga diri. Ini hanya turnamen pramusim. Yang jelas anak-anak harus mendapatkan hasil positif," kata Aji Santoso seperti dikutip Bola.com.

Saksikan Video Persija di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekuatan Persebaya Tergerus

Kekuatan Persebaya sedikit tergerus saat menghadapi Persija. Tiga pilar yaitu Hansamu Yama, Rachmat Irianto, dan Koko Ari Araya tak bisa main karena dipanggil Timnas Indonesia.

Kebetulan, tiga pemain itu beropetasi di lini belakang. Persebaya menghadapi masalah untuk menghentikan barisan depan Persija.  Di tim lawan terdapat Marko Simic yang kini menjadi top scorer sementara Piala Gubernur Jatim 2020 dengan lima gol. Jangan lupakan pemain sayap lincah Riko Simanjuntak yang siap merepotkan pertahanan Persebaya.

Jelas, pertahanan Persebaya dalam ancaman.

 

3 dari 4 halaman

Tetap Percaya Diri

Namun begitu, Aji sendiri tetap tampak percaya diri. Dia yakin, dengan kerja keras, Persebaya bisa mengalahkan Persija.

"Saya sudah menganalisa kekuatan Persija. Pasti tidak mudah mengalahkan mereka. Mudah-mudahan kami bisa melakukan itu karena tim kami juga solid selama turnamen ini," imbuh pelatih asli Malang tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit; Mokhamad Syaifuddin, Zoubairou Garba, Arif Satria, Rizky Ridho; Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Makan Konate (tengah); Mahmoud Eid, David da Silva, Irfan Jaya.

Pelatih: Aji Santoso

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Marco Motta, Alfath Faathier; Tony Sucipto, Adrianus Dwiki, Rohit Chand; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Pelatih: Sergio Farias

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.