8 Bintang Bola Ini Sulit Dibenci Suporter Klub Lawan, Mengapa?

Oleh Yus Mei Sawitri pada 20 Feb 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Feb 2020, 07:00 WIB
Liverpool Vs Tottenham Hotspur

Jakarta - Kiprah klub-klub sepak bola tak bisa lepas dari dukungan suporter. Begitu juga klub-klub di Liga Inggris dan liga-liga top Eropa lainnya. Dukungan suporter atau fans bisa menjadi pembakar motivasi para pemain. 

Bahkan, suporter kerap disebut sebagai pemain ke-12 saat klub bola. Artinya, peran fans benar-benar diakui bisa memberi efek positif bagi performa tim. 

Faktor itu memberi penjelasan mengapa sebuah tim akan punya peluang lebih besar menang di kandang, dibanding saat melawat ke markas tim lawan. 

Keberadaan fans juga bisa memberikan tekanan untuk tim lawan. Tak jarang, fans atau suporter melakukan perang urat syaraf sepanjang laga supaya tim lawan tertekan. 

Cara yang biasa dilakukan antara lain dengan menyanyikan yel-yel yang intimidatif atau mencemooh pemain lawan tertentu. Biasanya pemain terbaik dari tim lawan yang akan diganggu supaya permainannya menurun. 

Namun, fans terkadang sulit membenci pemain lawan, karena berbagai alasan. Seperti dilansir situs Sportbible, Senin (3/2/2020), mereka mengunggah cuitan berisi pertanyaan kepada fans tentang siapa pemain dari klub lawan yang sangat sulit dibenci, terutama di Premier League. 

Mau tau hasilnya? Berikut nama-nama pesepak bola top yang sulit dibenci fans klub lain. 

 

2 dari 9 halaman

 1. N'Golo Kante (Chelsea)

Ballon d'Or 2017, Neymar Jr, Pemain Terbaik
N'golo Kante (Prancis). (AP/Frank Augstein)

Pemain Chelsea asal Prancis tersebut memang menjadi sosok yang disukai secara universal, alias bisa menembus sekat-sekat klub. 

Dia dikenal sebagai pemain yang rendah hati dan mengendarai Mini Cooper. 

 

 

3 dari 9 halaman

2. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Tottenham Hotspur Susah Payah Taklukkan Norwich City
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwich City pada pekan ke-24 Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (22/1/2020). Dele Alli dan Son Heung-min mencetak gol untuk membawa Tottenham Hotspur menang 2-1 atas Norwich City. (AP/Matt Dunham

Banyak alasan yang membuat fans klub lain sulit membenci Son Heung-min. Son dikenal sebagai sosok pekerja keras, rendah hati, dan juga piawai di lapangan. 

Son sepertinya juga belum pernah melontarkan komentar yang menyindir atau menyakiti hati pemain-pemain lain. 

 

4 dari 9 halaman

3. Sadio Mane (Liverpool)

Salah - Mane Bawa Liverpool Taklukkan Sheffield United
Pemain Liverpool Sadio Mane (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Kamis (2/1/2020). Liverpool menang 2-0. (AP Photo/Jon Super)

Pemain Liverpool asal Senegal itu juga sulit dibenci suporter klub lawan. Dia dikenal sebagai pemain yang sopan, ramah, dan kerap mengumbar senyum bersahabat. 

5 dari 9 halaman

4. Adama Traore (Wolverhampton Wanderers)

Adama Traore
winger Wolves Adama Traore membuat repot pertahanan Liverpool (AFP)

Bintang Wolverhampton Wanderers dikenal sebagai pemain yang lincah, pekerja keras, dan ngotot di lapangan. Dia juga telah menunjukkan potensinya di lapangan. 

Nilai positifnya itu membuat fans klub lawan sulit membenci Adama Traore. 

 

6 dari 9 halaman

5. Peter Crouch (Sudah Pensiun)

Peter Crouch - Liverpool
Peter Crouch ketika masih membela Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Meskipun sudah gantung sepatu pada 2019, striker jangkung yang pernah memperkuat Liverpool itu disukai fans sepak bola, baik dari klub yang pernah dibelanya maupun klub lain. 

 

7 dari 9 halaman

6. Marco Reus (Borussia Dortmund)

Marco Reus
Pelatih Borussia Dortmund, Peter Stoger, tak rela melepas Marco Reus ke AC Milan karena mengaku masih menbutuhkan jasa sang pemain. (AFP/Guido Kirchner)

Bintang Borussia Dortmund tersebut dikenal royal terhadap klub. Fans dari berbagai komunitas sepak bola respek terhadap loyalitasnya tersebut. 

 

8 dari 9 halaman

7. Mason Greenwood (Manchester United)

Mason Greenwood
Penyerang muda Manchester United, Mason Greenwood menceploskan bola ke gawang Tranmere Rovers dalam lanjutan Piala FA. (Dok. Twitter/@ManUtd)

Manchester United merupakan salah satu klub raksasa dunia yang memiliki fans dan pembenci sama banyaknya. Namun, fans klub lawan ternyata sulit membenci pemain muda MU, Mason Greenwood. 

Fans mengaku sulit membenci Greenwood setelah melihat potensi besar yang dimiliknya, serta performanya yang memikat di lapangan. 

 

9 dari 9 halaman

8. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Manchester City Taklukkan Sheffield United
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, melakukan selebrasi usai membobol gawang Sheffield United pada laga Premier League 2019 di Stadion Etihad, Minggu (30/12). Manchester City menang 2-0 atas Sheffield United. (AP/Rui Vieira)

Pemain asal Belgia, Kevin De Bruyne, memainkan peran besar dalam kesuksesan Manchester City selama beberapa tahun terakhir. Dia juga jarang memicu pro kontra negatif di media, maupun dengan fans klub lain. 

Sumber: Sportbible 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri)

 

Lanjutkan Membaca ↓