Sukses

IndoRunners dan Cause Gelar Lari Virtual 200 Ribu Km untuk Amal

Komunitas lari IndoRunners bekerjasama dengan Cause Virtual Run menggelar kegiatan lari virtual dengan jarak 200 ribu km selama 10 bulan. Kegiatan ini ditujukan untuk amal.

Liputan6.com, Jakarta Komunitas lari IndoRunners bekerja sama dengan Cause Virtual Run menggelar sebuah lomba lari virtual sejauh 200 ribu kilometer (km) bertajuk #10lariamal. Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakan kepedulian masyarakat untuk hidup sehat sekaligus merayakan ulang tahun Indorunners yang ke-10.

Program ini berupa ajakan pelari dan komunitas lari di Indonesia untuk menempuh 200 ribu km secara virtual. Tentunya jarak sejauh ini dilakukan secara kolektif dan akan dicatat melalui platform milik Cause di situs Cause.id.

Ini juga bisa dipantau lewat mobile app Cause Virtual Run.

"Program LUAS - Lari Untuk Amal Sosial, mengajak masyarakat untuk rajin berlari, meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri, dan memberikan efek positif dengan meningkatkan kesadaran soal topik sosial yang berbeda selama 10 bulan ke depan," ujar Chia Harijanto, Program Manager LUAS untuk IndoRunners seperti rilis yang diterima media.

10 topik sosial yang akan diangkat dari bulan Februari s/d November 2020 ada sembilan. Topik yang diambil untuk kegiatan lari virtual selama 10 bulan ini yaitu Valentine (Februari), Water (Maret), Kartini (April), Pendidikan (Mei), Pancasila (Juni), Fruit atau buah buahan (Juli), Humanity (Agustus), Jantung (September), Batik (Oktober) dan Pahlawan (November).

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galang Dana

Sebagai target selanjutnya, Indorunners dan Cause berharap bisa menggalang dana yang cukup selama penyelenggaraan lari 10 bulan ini.

"Di bulan Februari, topik Valentine kami pilih untuk menonjolkan pentingnya kasih sayang, dengan fokus kasih sayang terhadap orang tua dan generasi senior. Kami bekerjasama dengan Yayasan Rumah Cinta Orang Tua untuk ini," ujar Yomi Wardhana, co-founder IndoRunners.

"Besar harapan kami akan banyak perusahaan perusahaan yang tergerak untuk mengapresiasi kegiatan berlari yang akan dilakukan oleh ribuan masyarakat. Target lari kolektif kami adalah 200.000 kilometer yang ditukarkan dengan tarif Rp. 5.000 per KM, menjadi dana amal senilai Rp. 1 milyar, untuk disalurkan ke yayasan-yayasan nirlaba terkait selama 10 bulan ke depan."

Program LUAS sendiri saat ini sedang bekerjasama dengan PT Pan Brothers Tbk untuk program #lari100sarjana , dengan 100 sarjana baru yang akan dilahirkan berkat 2 juta kilometer yang dilarikan IndoRunners di tahun 2016-2017, dan telah ditukarkan dengan sumbangan 100 beasiswa PT Pan Brothers ke Universitas Indonesia.

"Tantangan terbesar program LUAS #10lariamal adalah menemukan platform pengumpulan kilometer yang mampu mengakomodir kegiatan lari selama 10 bulan dengan tujuan yang berbeda. Kami sangat bersyukur ada aplikasi lokal Cause Virtual Run yang bisa dan siap support program #UntukmuIndonesia," ujar Chia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.