Sukses

Jadwal Babak 32 Besar Europa League: Menanti Debut VAR

Sebelum Europa League, UEFA telah lebih dulu menerapkan VAR pada Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kali pertama Europa League bakal menggunakan alat bantu Video assistant referees (VAR). Teknologi yang digadang-gadang bakal membantu wasit dalam mengambil keputusan saat menemui momen sulit ini diterapkan pada babak 16 besar yang mulai bergulir 21 Februari 2020 WIB. 

Seperti dilansir situs resmi UEFA, keputusan diambil lewat rapat Komite Eksekutif pada September lalu. Dalam pertemuan tersebut otoritas sepak bola tertinggi di Benua Biru tersebut sepakat untuk lebih menerapkan teknologi ini pada kompetisi yang mereka kelola. Dan selain pada babak 16 besar Liga Champions, teknologi VAR juga untuk musim ini juga diterapkan pada babak 32 besar Europa League. 

Kehadiran VAR juga diikuti dengan penyelenggaraan kursus yang diikuti para wasit top Eropa di Mallorca, Januari lalu. Mereka dibekali pengetahuan dan informasi terbaru mengenai perangkat VAR. 

Menurut Pimpinan Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti, kehadiran VAR diharapkan mampu memberi dampak positif terhadap pertandingan. "Kami percaya VAR sangat krusial bagi sepak bola," katanya. 

"Dan kami sangat gembira menyambut kehadiran VAR di Europa League yang akan membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat dalam laga-laga yang penting nanti," beber Rosetti. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

VAR Dibutuhkan

UEFA sebenarnya sudah menerapkan VAR di ajang Liga Champions musim lalu sejak fase penyisihan grup dan playoff. Sebanyak 108 pertandingan di mana 27 keputusan diperbaiki lewat teknologi VAR. 

"Artinya keputusan diubah hanya setiap empat laga. Ini menunjukkan kualitas wasit yang bertugas. Sebagai tambahan, kami rasa kalau waktu dalam memperbaiki keputusan itu sangat penting," katanya.

UEFA juga rencananya akan menerapkan VAR pada babak play off kualifikasi Piala Eropa, Maret mendatang. VAR juga dijadwalkan bakal dipakai pada Piala Eropa Sepak Bola Putri 2021. 

 

 

3 dari 4 halaman

Jadwal 32 Besar Europa League 2020

Babak 32 Besar Europa League 2020

21/02/20

Sporting CP vs Istanbul Basaksehir

Getafe vs Ajax

Copenhagen vs Celtic

CFR Cluj vs Sevilla

Club Brugge vs Manchester United

Ludogorets vs Internazionale

Eintracht Frankfurt vs Salzburg

Shakhtar Donetsk vs Benfica

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Lanjutan

Rangers vs Sporting Braga

Wolverhampton Wanderers vs Espanyol

Bayer Leverkusen vs Porto

APOEL vs Basel AZ vs LASK

Wolfsburg vs Malmö FF

AS Roma vs Gent

Olympiakos Piraeus vs Arsenal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.