Sukses

Prediksi Persebaya Vs Arema FC: Meredam Tensi Tinggi

Arema FC tak terpengaruh dengan perubahan jadwal dan tempat semifinal Piala Gubernur Jatim yang harusnya digelar kemarin dan di Stadion Kanjuruhan.

Liputan6.com, Jakarta Arema FC bakal menjamu Persebaya Surabaya pada semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Supriyadi, Blitar Jawa Timur, Selasa (18/2/2020). Duel ini harusnya digelar kemarin dan di stadion Kanjuruhan, markas Arema.

Namun karena ingin meredam tensi tinggi persaingan antara Arema FC dan Persebaya, tempat pertandingan pun dipindahkan ke tempat netral. Selain itu, duel ini juga digelar tanpa penonton.

Situasi ini membuat pertandingan bakal berlangsung hambar. Meski kedua tim sudah menyiapkan strategi agar bisa saling sikut dan mendapatkan tiket ke final Piala Gubernur Jatim melawan Persija.

Arema mengusung semangat 2013.Ketika itu, situasinya dianggap lebih merugikan untuk Singo Edan karena jadwal final melawan Persebaya, yang awalnya di Malang, diubah dalam sehari menjadi di Lapangan Bumimoro, Surabaya. Beruntung Singo Edan menang 1-0.

Namun, ada sebuah fakta yang berbeda dari 2013. Waktu itu Persebaya yang dihadapi merupakan tim yang kini berubah nama menjadi Bhayangkara FC. Sementara Persebaya sekarang dianggap sebagai tim yang sesungguhnya.

"Saya pikir semua pemain sudah tahu harus seperti apa. Bukan hanya melawan Persebaya saja, melawan tim lain juga harus memperlihatkan karakter permainan yang sama. Kami selalu tekankan kepada pemain, konsentrasi ke permainan tim sendiri tanpa memandang enteng lawan. Bermain keras silakan, tapi tetap kontrol permainan," jelas Charis Yulianto, asisten pelatih Arema FC seperti dikutip Bola.com.

Video:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Statistik

Arema punya modal penting untuk percaya diri lawan Persebaya. Statistik mencatat, Arema sudah menang dua kali, satu kali imbang dan satu kali kalah dari Persebaya pada empat pertemuan terakhir.

Satu kemenangan itu terjadi dalam pertemuan terakhir Derbi Jatim. Saat itu, Persebaya menjamu Arema dan menang 4-1 dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan (12/12/2019).

Kini, kedua tim sama-sama telah melakukan perubahan materi pemain. Persebaya menjadi perbincangan setelah berhasil mengamankan mantan jasa eks playmaker asing Arema, Makan Konate.

Persebaya sebenarnya datang tanpa kekuatan penuh dalam semifinal ini. Hansamu Yama, Rachmat Irianto, dan Koko Ari Araya dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Irfan Jaya dan Mahmoud Eid juga diragukan tampil.

"Saya akan berusaha mencari opsi agar kami siap menghadapi Arema. Beberapa pemain berangsur sembuh dari cedera. Mudah-mudahan kami bisa menurunkan kekuatan penuh," kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Pertemuan ini menjadi babak baru Derbi Jatim setelah musim lalu tersaji di final Piala Presiden 2019. Saat itu, Arema berhasil menang dengan skor agregat 4-2.

Dalam sejarahnya, kedua tim tercatat sudah 32 kali bertemu dalam berbagai ajang sejak 1992. Itu sudah termasuk dualisme yang sempat menjerat kedua tim pada era 2011-2013.

Hasilnya, Arema lebih unggul dengan memenangi 16 laga. Sedangkan Persebaya hanya membukukan 11 kemenangan.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-4-2): Kartika Ajie (kiper); Syaiful Indra, Nurdiansyah, Hanif Sjahbandi, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Jayus Hariono, Oh In-kyun, Kushedya Hari Yudo (tengah); Elias Alderete, Jonathan Bauman (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Abu Rizal, Rizky Ridho, Zoubairou Garba, Nasir (belakang); Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Makan Konate (tengah); Mochammad Supriadi, David da Silva, Hambali Tolib (depan)

Pelatih: Aji Santoso 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.