Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi: Siapa Lebih Baik Kemampuan Individunya?

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 18 Feb 2020, 03:00 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 03:00 WIB
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi - Real Madrid vs Barcelona

Jakarta - Membicarakan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak pernah ada habisnya, terutama jika menyangkut rivalitas. Aroma persaingan Ronaldo dan Mess hingga kini masih terus berlanjut.

Kedua bintang tersebut dianggap sebagai pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Hal itu bisa dibuktikan dengan raihan gelar individu seperti Ballon d'Or.

Messi menjadi pemain yang meraih gelar tersebut pada awal Desember tahun lalu. Penghargaan tersebut merupakan yang keenam buat Messi sekaligus mengungguli Cristiano Ronaldo.

Ronaldo baru meraih lima trofi Ballon d'Or. Raihan tersebut tentunya membuat banyak orang meyakini keduanya sebagai yang terbaik di dunia.

Di sisi lain, masih banyak penghargaan individu yang sudah diraih dua pemain tersebut. Bisa dibilang sulit untuk menyebutkan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Penghargaan yang didapatkan Ronaldo dan Messi tersebut tentunya berkat performa apiknya di atas lapangan. Tak bisa dipungkiri, keduanya mempunyai kemampuan individu yang bagus.

Kira-kira skill individu siapa yang terbaik? Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Sportbible, Minggu (16/2/2020), perbandingan kemampuan individu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan skala skor 1-10.

 

2 dari 12 halaman

1. Mencetak gol

Lionel Messi - Barcelona
Penyerang Barcelona, Lionel Messi mencetak gol ke gawang Getafe. (Dok. FC Barcelona)

Dalam urusan mencetak gol, keduanya sama-sama memiliki kemampuan yang sangat bagus. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masing-masing sudah mengemas 625 dan 622 gol bersama klub.

Raihan yang tidak jauh berbeda. Wajar tentunya jika keduanya sama-sama mendapatkan skor sempurna, 10.

3 dari 12 halaman

2. Sundulan

Aksi Terbang Ronaldo Saat Jebol Gawang Sampdoria
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Sampdoria dalam laga lanjutan Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Rabu (18/12/2019). Dalam laga ini, Ronaldo mampu melompat setinggi 2,56 meter untuk mencetak gol kedua Juventus lewat kepala. (Luca Zennaro/ANSA via AP)

Dalam urusan sundulan, Cristiano Ronaldo lebih baik daripada Lionel Messi. Ronaldo mendapatkan nilai sembilan dalam hal sundulan.

Sedangkan, Messi hanya mendapatkan skor enam untuk kemampuan sundulan. Wajar tentunya jika Messi memeroleh nilai enam karena jarang mencetak gol melalui kepalanya.

Meski demikian, Messi pernah mencetak gol sensasional melalui sundulan pada final Liga Champions 2009 ke gawang Manchester United.

4 dari 12 halaman

3. Dribel

Barcelona Vs Getafe
Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Getafe, Mauro Arambarri, pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (15/2/2020). Barcelona menang 2-1 atas Getafe. (AP/G.Garin)

Untuk urusan dribel, Ronaldo dan Messi memiliki kemampuan yang hampir sama. Namun, Messi sedikit lebih unggul ketimbang Ronaldo.

Tak jarang Messi memperlihatkan kemampuannya menggiring bola dari tengah lapangan dan melewati lawan-lawannya sebelum mencetak gol. Dalam urusan dribel Messi mendapatkan skor sempurna, 10.

Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh nilai delapan.

5 dari 12 halaman

4. Passing atau Umpan

Lionel Messi
Lionel Messi mengumpan bola dari kawalan pemain Athletic Bilbao saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, (18/3). Pada pertandingan ini, Messi terlihat berjoget usai mencetak gol. (AP Photo/Manu Fernandez)

Satu hal yang paling menonjol dalam diri Messi ialah visi bermain yang baik. Pemain asal Argentina itu memiliki visi bermain dengan mencari rekan satu timnya untuk diberi umpan.

Meski memiliki skill melewati lawan yang bagus, Messi kerap memberikan umpan terhadap rekan-rekannya. Kondisi tersebut membuat Messi dianggap lebih baik dalam urusan passing.

Lionel Messi pantas mendapat skor 10. Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh delapan dari nilai sempurna 10.

6 dari 12 halaman

5. Tendangan Bebas

Lionel Messi
Lionel Messi mengeksekusi tendangan bebas untuk merobek gawang Athletic Bilbao.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga kerap mengandalkan tendangan bebas untuk mencetak gol. Kendati demikian, kemampuan kedua pemain mencetak gol melalui sepakan bebas tak sama bagusnya.

Messi dianggap sedikit lebih baik dari Ronaldo dalam urusan tendangan bebas. Pemain berjuluk La Pulga itu mendapatkan skor sembilan.

Sedangkan Cristiano Ronaldo memiliki nilai tendangan bebas delapan.

7 dari 12 halaman

6. Penalti

Torino Vs Juventus
Proses gol penalti yang dicetak striker Juventus, Cristiano Ronaldo, ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadion Olympic, Turin, Sabtu (15/12). Torino kalah o-1 dari Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Pengaruh besar yang diberikan Messi dan Ronaldo terhadap timnya, membuat kedua pemain kerap ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti. Dalam urusan penalti, jelas Ronaldo lebih baik ketimbang Messi.

Cristiano Ronaldo mendapat skor sembilan dalam hal tendangan penalti. Sedangkan Messi hanya tujuh.

8 dari 12 halaman

7. Fisik

Lionel Messi - Cristiano Ronaldo
Dua bintang sepak bola, Lionel Messi (depan, Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (belakang, Real Madrid), pada laga La Liga di Camp Nou, Minggu (6/5/2018). (AFP/Josep Lago)

Secara postur tubuh, Cristiano Ronaldo bisa dibilang lebih baik daripada Lionel Messi. Ronaldo memiliki badan yang lebih tinggi.

Kondisi tersebut membuat Ronaldo mendapat nilai sempurna, 10. Sementara, Messi yang memiliki tubuh pendek hanya memeroleh skor tujuh.

Meski memiliki postur kecil, Messi tetap bisa bersaing dengan pemain lain yang lebih tinggi darinya.

9 dari 12 halaman

8. Permainan Tim

Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain, Trio MSN
Striker Barcelona, Neymar Jr, bersama Lionel Messi dan Luis Suarez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Sociedad pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu, (28/5/2015). (AFP/Lluis Gene)

Dalam urusan kerja sama tim, Lionel Messi dianggap lebih baik dari Ronaldo. Messi tampil luar biasa bersama Luis Suarez di lini depan Barcelona dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan, kedua pemain tersebut sempat menjadi trio berbahaya saat masih ada Neymar. Untuk urusan kerja sama tim, Messi mendapatkan skor sembilan.

Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh nilai tujuh.

10 dari 12 halaman

9. Kedisiplinan

Penampilan Ciamik Cristiano Ronaldo Saat Juventus Hajar Fiorentina
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo duduk di lapangan sambil adu argumen saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Lionel Messi memeroleh skor sembilan dalam urusan kedisiplinan. Perolehan tersebut tentunya bukan tanpa sebab, Messi jarang menunjukkan protes yang berlebihan saat berada di atas lapangan.

Sedangkan Ronaldo hanya mendapat nilai tujuh karena sering dianggap melakukan diving saat bermain.

11 dari 12 halaman

Skor Akhir

Dari sembilan kemampuan individu tersebut, skor akhir menunjukkan Lionel Messi sedikit lebih baik daripada Cristiano Ronaldo. Messi total mengumpulkan nilai 77 untuk kesembilan aspek tersebut.

Sedangkan Ronaldo total mendapatkan skor 76 dari poin sempurna 90. Itu artinya skill individu kedua pemain tersebut tidak jauh berbeda.

Sumber: Sportbible

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Yus Mei Sawitri, Published 17/02/2020)

12 dari 12 halaman

Saksikan video Cristiano Ronaldo berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Georgina Rodriguez Jadi Tukang Cukur Dadakan Demi Ronaldo