Pertahanan Tangguh, Kunci Sukses Real Madrid Musim Ini

Oleh Liputan6.com pada 16 Feb 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 16 Feb 2020, 17:10 WIB
Real Madrid Taklukkan Osasuna 2-0 di Bernabeu

Liputan6.com, Madrid - Zinedine Zidane mengungkap rahasia kehebatan Real Madrid musim ini. Ia menyebut lini pertahanan menjadi kunci untuk bisa memuncaki klasemen sementara La Liga.

Los Blancos merupakan salah satu tim dengan kualitas pertahanan terbaik di Eropa, dengan jumlah kebobolan paling sedikit.

Tercatat, di La Liga, Real Madrid baru kebobolan 14 kali dari 23 pertandingan. Angka itu jauh lebih baik dari rival abadi mereka, Barcelona, yang sudah kebobolan 29 kali.

Salah satu faktor kunci pada catatan positif itu adalah kualitas pertahanan Los Blancos. Musim ini pasukan Zidane terbukti bisa bertahan jauh lebih baik, dengan Ferland Mendy sebagai andalan di pos bek kiri dan Thibaut Courtois yang tampil luar biasa.

Zidane tahu pertahanan apik itu telah sangat membantu Real Madrid untuk mencapai posisi mereka saat ini. Namun, dia tidak sepakat jika Madrid disebut hanya mengandalkan pertahanan.

 

 

2 dari 3 halaman

Komentar Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

"Saya tidak merasa kami bergantung pada pertahanan. Sepak bola selalu soal keseimbangan. Warisan Real Madrid adalah soal kekuatan serangan dan memainkan sepak bola indah," ujar  Zidane di Realmadrid.com.

"Itulah cara pandang kami, tapi kami jelas harus bekerja keras dan tampil kukuh secara defensif. Itulah yang sudah kami lakukan sejauh ini."

"Dalam sepak bola, tim yang punya keseimbangan lebih baik biasanya adalah tim yang bisa meraih hasil terbaik," imbuhnya.

Senin (17/2/2020) dini hari WIB nanti, Madrid bakal menjamu Celta Vigo pada duel lanjutan La Liga di Santiago Bernabeu. Pertandingan ini jelas sulit, Zidane tahu timnya harus memberikan yang terbaik seperti biasanya.

"Kuncinya adalah terus melakukan apa yang sudah kami lakukan dalam hal menjaga fokus, intensitas, dan tempo," sambung Zidane.

"Kami tahu siapa lawan kami besok dan tahu bahwa mereka seharusnya tidak berada di posisi buruk di klasemen sementara saat ini, sebab mereka merupakan tim bagus di setiap sisi. Pertandingan ini akan sulit, sama seperti semua pertandingan lainnya," tandasnya.

Sumber: Real Madrid

Disadur dari: Bola.net (penulis Richard Andreas, published 16/2/2019)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua