Barcelona Tundukkan Getafe 2-1 di Camp Nou

Oleh Windi.Wicaksono pada 15 Feb 2020, 23:57 WIB
Diperbarui 16 Feb 2020, 00:09 WIB
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann saat mencetak gol ke gawang Getafe

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona menundukkan tamunya, Getafe di Camp Nou dengan skor 2-1 dalam pertandingan pekan ke-24 La Liga Spanyol 2019-2020, Sabtu (15/2/2020) malam WIB.

Dua gol Blaugrana dalam pertandingan ini masing-masing disarangkan Antoine Griezmann pada menit ke-33 dan Sergi Roberto menit ke-39, sedangkan gol Getafe tercipta lewat Angel Rodriguez pada menit ke-66. Kemenangan ini membuat Barcelona menempel ketat Real Madrid di posisi kedua setelah mengoleksi 52 poin dari 24 laga. Getafe sendiri belum beranjak dari peringkat ketiga klasemen La Liga.

Jalannya pertandingan

Barcelona memperlihatkan dominasinya sejak awal babak pertama dengan memeragakan sepak bola menyerang. Penguasaan bola Lionel Messi dan kawan-kawan juga jauh mengungguli sang tamu.

Pada 10 menit pertama, Barcelona memang masih kesulitan membongkar pertahanan Getafe. Tapi, tekanan terus dilancarkan anak-anak asuhan Quique Setien, seperti sepakan kaki kiri Messi pada menit ke-12 masih dapat diblok.

Pada menit ke-14, Messi lagi-lagi punya peluang, tapi kiper Getafe, David Soria bisa menyelamatkan. Getafe berupaya memanfaatkan momentum serangan balik ke pertahanan Barcelona, tapi bek-bek tuan rumah tampil disiplin.

Pada menit ke-23 Getafe mengklaim gol yang dikemas Allan-Roméo Nyom meski kemudian dianulir oleh VAR. Blaugrana akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-33 saat sodoran umpan matang Messi diselesaikan dengan baik oleh Griezmann menjadi gol.

Barcelona kemudian memperbesar keunggulan melalui gol tendangan kaki kiri Sergi Roberto dari dalam kotak penalti. Hingga turun minum, klub asal Katalan ini masih memimpin 2-0 atas Getafe.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Ansu Fati, Lionel Messi, Barcelona
Dua penyerang Barcelona, Ansu Fati dan Lionel Messi, merayakan kemenangan. (Lluis Gene/AFP)

Permainan di babak kedua berjalan ketat sejak awal. Keributan antara Ansu Fati dan Nyom juga membuat para pemain melerai keduanya. Barcelona masih dominan dalam ball possesion.

Walau demikian, Blaugrana belum membuat peluang bagus lagi hingga menit ke-60. Mengurangi tekanan ternyata membuat pertahanan Barcelona sedikit lengah dalam mengantisipasi serangan tim tamu.

Getafe memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 pada menit ke-66 saat Angel Rodriguez mencatatkan namanya di papan skor. Gol itu menambah motivasi para pemain Getafe untuk menyamakan kedudukan.

Saling serang diperagakan kedua tim, namun Barcelona tampil disiplin untuk tidak membiarkan Getafe menambah gol lagi. Blaugrana sendiri juga kesulitan menembus benteng pertahanan Getafe, yang lebih kokoh di babak kedua.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Barcelona atas Getafe tidak berubah. Barcelona juga harus kehilangan Jordi Alba yang cedera di babak pertama.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen, Sergi Roberto, Umtiti, Pique, Jordi Alba (Junior Firpo 22'); Arthur (Rakitic (75), Sergio, De Jong; Messi, Griezmann, Ansu Fati (Vidal 85).

Getafe: Soria; Nyom, Etxeita, Djene, Olivera (Kenedy 52'); Etebo (Ndiaye 67), Maksimovic, Arambarri, Cucurella; Mata, Molina​ (Angel 52).

Lanjutkan Membaca ↓
Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua