Gagal di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020, Putri Indonesia Tetap Lolos Piala Uber

Oleh Harley.Ikhsan pada 14 Feb 2020, 15:55 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 16:09 WIB
Gregoria Mariska Tunjung

Liputan6.com, Manila - Tim putri Indonesia gagal bicara banyak di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan tersisih di perempat final.

Melawan unggulan pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 Jepang di Rizal Memorial Coliseum, Jumat (14/2/2020), tim putri Indonesia tumbang 0-3. Gregoria, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Ruselli Hartawan menderita kekalahan dari lawan masing-masing.

Hasil itu tidak terhindarkan menyusul performa di fase grup. Putri Indonesia sudah dipasangkan dengan Jepang karena gagal menjuarai Grup Y. Tim putri hanya menjadi runner-up karena kalah bersaing melawan Thailand.

Dengan hasil ini, putri Indonesia gagal melaju ke babak berikut sekaligus mengamankan tiket Piala Uber 2020. Jatah tersebut menjadi milik Jepang, Malaysia, Thailand, dan Korea Selatan yang melaju ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020.

"Kami prihatin dengan kekalahan ini, tapi memang secara peringkat dan kelas, jujur kami akui kami masih di bawah Jepang. Tapi kami juga menghargai perjuangan para atlet kami yang sudah berjuang mati-matian," kata Chef de Mission tim Indonesia, Achmad Budiharto, dilansir Badminton Indonesia.

"Kami harus terima ini, mudah-mudahan ini menjadi bekal untuk mereka, berlatih lebih keras lagi, ke depan supaya bisa tampil lebih baik," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Jalur Peringkat

Ruselli Hartawan
Penampilan Ruselli Hartawan pada laga kontra Filipina di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020. (PBSI)

Menyusul kegagalan merebut tempat di Piala Uber melalui Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia, Indonesia berharap mengantongi tempat lewat jalur peringkat. Di sini tim putri bisa tersenyum.

Karena Jepang juga mendapat tiket sebagai juara bertahan, maka posisi mereka diberikan ke negara lain berperingkat tertinggi dari asosiasi sama. Adalah Tiongkok yang berada di status itu. Negeri Tirai Bambu absen dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020 karena penyebaran virus Corona.

Jalur peringkat juga menyediakan tiga tempat lain di Piala Uber 2020. Indonesia masuk kategori tersebut bersama Chinese Taipei, dan India. Saat ini Indonesia menempati urutan tiga dunia pada kategori beregu, di bawah Tiongkok dan Jepang.

Dengan begitu, sudah 10 negara yang memastikan diri berpartisipasi di turnamen mendatang. Sementara enam kursi lain masih diperebutkan yakni Eropa (4), Amerika (1), dan Oceania (1).

3 dari 3 halaman

Daftar Peserta Piala Uber 2020

Denmark, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Mesir, Indonesia, Chinese Taipei, India

Lanjutkan Membaca ↓