Manuver Transfer Barcelona, Ini Daftar Pembelian Gagalnya

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 12 Feb 2020, 17:50 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 17:50 WIB
Barcelona Vs Granada

Barcelona - Barcelona memiliki pemain-pemain hebat yang lahir dari pemain akademi La Masia. Lionel Messi, Gerard Pique, dan Sergio Busquets adalah contohnya.

Namun dalam satu dekade terakhir, Barcelona telah menghabiskan 1,23 miliar pound atau sekitar Rp 21 triliun untuk pemain baru. Itu menempatkan klub catalan posisi keempat dengan pengeluaran belanja pemain tertinggi di Eropa.

Dengan jumlah uang yang dikeluarkan Barcelona malah selalu gagal kompetitif di Liga Champions. El Barca terakhir merebut trofi Si Kuping Besar pada 2015.

Minumnya prestasi di level Eropa itu dinilai menjadi sedikit bukti betapa buruknya kebijakan transfer klub. Permasalahan itu menjadi alasan bintang Barcelona, Lionel Messi, sangat tidak senang dengan sepak terjang dewan klub.  Terlebih masalah La Pulga dengan Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal, mencuat pekan lalu.

Seperti dilansir Give Me Sports, Rabu (12/2/2020), Lionel Messi dikabarkan sampai mempertimbangkan ingin pindah ke Manchester City. Ia takut Barcelona tidak bisa memberikan kesuksesan di tahun-tahun menuju masa pensiunnya.

Lionel Messi terutama dikabarkan tidak suka dengan gaya kepemimpinan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Bahkan, Messi disebut-sebut ingin Bartomeu, yang jadi Presiden Barcelona sejak 2014, segera dipecat.

Pemain asal Argentina itu kesal dengan kebijakan sang presiden klub di bursa transfer. Bortomeu dinilai tidak becus dalam urusan jual beli pemain. Itulah yang menjadi salah satu sasaran kritik dari berbagai pihak, termasuk Lionel Messi. 

Secara total, Bartomeu telah membeli 25 pemain sejak menjadi presiden Barcelona. Penggemar Tim Catalan, Rafael Hernandez bahkan memberikan peringkat terhadap para rekrutan tersebut mulai dari bagus sampai terburuk, berikut beberepa di antaranya. 

2 dari 4 halaman

Rekrutan Sukses Barcelona Era Bartomeu

Barcelona
Pemain Barcelona rayakan gol Frenkie de Jong lawan Real Betis (CRISTINA QUICLER / AFP)
  1. Clement Lenglet
  2. Arturo Vidal
  3. Arthur Melo
  4. Antoine Griezmann
  5. Paulinho
  6. Frenkie de Jong
  7. Jasper Cillessen
  8. Samuel Umtiti

 

3 dari 4 halaman

Rekrutan Gagal Barcelona Era Bartomeu Menurut Rafael Hernandez

  1. Arda Turan ⠀
  2. Philippe Coutinho
  3. Aleix Vidal ⠀
  4. Ousmane Dembele
  5. Kevin Prince-Boateng
  6. Denis Suarez
  7. Lucas Digne
  8. Jean-Clair Todibo
  9. Moussa Wague
  10. Andre Gomes
  11. Vitinho ⠀
  12. Yerry Mina

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 12/02/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar