Sukses

TC Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Panggil 5 Pemain di Atas Usia 30 Tahun

Shin Tae-yong menyegarkan Timnas Indonesia dengan memanggil pemain-pemain yang lebih muda dalam pemusatan latihan atau TC.

Jakarta - Shin Tae-yong membuat warna baru di Timnas Indonesia. Dari 34 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (training centre atau TC) 13-23 Februari 2020, hanya lima pemain berusia di atas 30 tahun yang mendapatkan kesempatan.

Kelima pemain tersebut adalah Fachruddin Aryanto yang berusia 30 tahun, Rizky Rizaldi Pora (30), Stefano Lilipaly (30), Irfan Bachdim (31), dan Ilija Spasojevic (32). Mayoritas pemain lainnya merupakan pemain dalam usia emas dan sebagian wajah muda.

Bahkan, empat personel di antaranya dipromosikan dari Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Muhammad Adi Satrio, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan Alif, dan Bali United, Irfan Jauhari.

Selera Shin Tae-yong begitu kontradiktif dengan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Simon McMenemy. Saat masih memegang tampuk kepemimpinan, pelatih Skotlandia itu terkesan senang memanggil pemain uzur.

Simon kerap mengandalkan pemain-pemain tua seperti Alberto Goncalves yang berusia 39 tahun, Wawan Hendrawan (37), Otavio Dutra (36), Greg Nwokolo (34), hingga Ruben Sanadi (33), ketika Timnas Indonesia mengarungi lima pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Cukup ironis lantaran Skuat Garuda menelan kekalahan dalam seluruh laga tersebut.

Bahkan, Luis Milla Aspas, eks pelatih Timnas Indonesia dan U-23 yang begitu diidam-idamkan penggemar untuk kembali menangani timnas, juga menyukai pemain uzur. Nakhoda tim asal Spanyol itu pernah membawa Alberto Goncalves ketika berkiprah di Asian Games 2018.

Selain itu, Shin Tae-yong juga turut menyertakan deretan pemain Timnas Indonesia U-22 yang mengikuti Piala AFF dan SEA Games 2019. Beberapa di antaranya ialah Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan Muhammad Rafli.

Jadilah kini Timnas Indonesia diisi oleh pemain muda yang bertenaga. Tanggung jawab wajah-jawah senior sebagai pemikul terberat tanggung jawab, perlahan berkurang.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Timnas Indonesia yang Berusia di Atas 30 Tahun

  • Fachruddin Aryanto (Madura United) 30 tahun
  • Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera) 30 Tahun
  • Stefano Lilipaly (Bali United) 30 tahun
  • Irfan Bachdim (Bali United) 31 tahun
  • Ilija Spasojevic (Bali United) 32 Tahun

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Aning Jati, Published 12/02/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.