Statistik Barcelona saat Diperkuat dan Tanpa Lionel Messi

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 11 Feb 2020, 21:20 WIB
Diperbarui 11 Feb 2020, 21:20 WIB
Latihan Manchester United Vs Barcelona

Barcelona - Lionel Messi bisa meninggalkan Barcelona lebih cepat dari yang diperkirakan. Masa depan pemain berjuluk La Pulga itu di Camp Nou tengah diragukan setelah terlibat perang kata-kata dengan direktur olahraga klub, Eric Abidal.

Konflik keduanya bermula dari komentar Abidal kepada media Spanyol, Sport. Mantan pemain belakang Timnas Prancis itu menyebut pemain Barcelona tidak memberikan performa terbaiknya di bawah asuhan Ernesto Valverde.

"Banyak pemain tidak bahagia dan tidak bekerja keras. Selain itu, ada masalah komunikasi internal," ujar Eric Abidal.

Ungkapan Abidal tersebut ternyata membuat Messi geram. Pemain berjuluk La Pulga itu tak segan-segan menyerang balik kritik Abidal tersebut.

"Saya menilai ketika seseorang menyebutkan pemain, mereka harus mengungkapkan nama karena jika mereka tidak melakukannya, mereka melibatkan semua orang dengan permasalahan yang sama dan memicu gosip - banyak hal yang tidak benar," tulis Lionel Messi dalam Instagram story miliknya.

Konflik tersebut diyakini bisa dimanfaatkan banyak pihak, termasuk klub. Beberapa klub kemungkinan akan memanfaatkan perseteruan tersebut, apalagi jika Lionel Messi benar-benar memutuskan pergi.

Pemain berusia 33 tahun tersebut masih menyisakan kontrak hingga 2021. Namun, bukan tidak mungkin ada klub yang mau membayar klausul pelepasan Lionel Messi.

Jika Messi benar-benar hengkang, Barcelona tentunya akan sangat kehilangan. Pemain jebolan La Masia itu bisa dibilang menjadi tulang punggung El Barca dalam beberapa musim terakhir.

Kira-kira bagaimana statistik Barcelona saat diperkuat dan tanpa Lionel Messi? Berikut ini Bola.com menyajikannya, seperti dilansir dari Planet Football, Senin (10/2/2020).

 

2 dari 2 halaman

Statistik Barcelona

Lionel Messi
Lionel Messi mencetak gol saat Barcelona menghadapi Atletico Madrid (Giuseppe CACACE / AFP)

Sejak musim 2017-2018, Messi tampil bersama Barcelona sebanyak 129 pertandingan. Dari 129 laga tersebut, El Barca meraih 88 kemenangan (68,2 persen), 33 kali imbang, dan selebihnya berakhir imbang.

Sementara, gol yang dicetak para pemain Barcelona saat Messi bermain sebanyak 303 gol. Kemudian bola yang masuk ke gawang sebanyak 103 gol.

Rasio tembakan ke gawang 2,3 per pertandingan. Adapun rasio poin per laga yang didapat ialah 2,1.

Kemudian bagaimana statistik Barcelona saat tak diperkuat Lionel Messi?

Sejak musim 2017-2018 atau awal karier Ernesto Valverde, Barcelona menjalani pertandingan tanpa Lionel Messi sebanyak 26 kali. Dari 26 pertandingan, El Barca meraih 15 kemenangan (57,7 persen), empat kali imbang dan tujuh kali kalah.

Gol yang dicetak saat Messi tak bermain sebanyak 56. Sementara, bola yang masuk ke gawang Barcelona ada 30 gol.

Kemudian rata-rata tembakan per pertandingan ialah 2,2. Adapun poin per pertandingan yang didapat 1,7. Jika melihat statistik tersebut Lionel Messi tentunya memberikan dampak yang besar terhadap performa Barcelona.

 

Sumber: Planet Sports

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Yus Mei Sawitri, Published 11/02/2020)

Lanjutkan Membaca ↓