Sukses

3 Manuver Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Patut Diacungi Jempol

Beberapa perubahan yang dilakukan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di skuat Garuda Muda layak diacungi jempol.

Jakarta - Perubahan dilakukan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di skuat Garuda Muda. Beberapa perubahan yang dilakukan juru taktik asal Korea Selatan itu bahkan layak diacungi jempol.

Shin Tae-yong diyakini bakal membawa Timnas Indonesia menjadi tim yang layak diperhitungkan di Asia. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu disebut memiliki semua unsur yang diperlukan PSSI untuk membangun Timnas Indonesia menjadi lebih baik.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 di bawah Shin Tae-ying belum menunjukkan tajinya. Mereka kalah dalam tiga laga uji coba terakhir, yakni kala melawan Busan IPark, Kyung Hee University, dan Seongnam FC.

Namun, itu masih laga uji coba. Hasil tersebut tak begitu membebani Shin Tae-yong. Menurut mantan pelatih Korea Selatan itu, hasil bukan tujuan utamanya saat ini.

Shin mengaku lebih mengedepankan peningkatan dan kualitas para pemain dalam pertandingan uji coba. Shin Tae-yong juga mengklaim beberapa lini Tim Garuda Muda masih harus mendapat perbaikan.

"Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami dan juga taktik. Akan tetapi, hasil ini wajar karena kami memang belum mempelajari taktik. Namun, kami semakin bagus dalam hal fisik," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI.

Mengacu pada hal tersebut, Shin Tae-yong tidak tinggal diam. Beberapa manuver dan keputusannya membuat performa Timnas Indonesia meningkat. Capaian itu membuat Shin Tae-yong layak diacungi jempol.

Berikut tiga manuver Shin Tae-yong di Timnas indonesia yang layak diacungi jempol. Berikut perinciannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Belajar Bahasa Indonesia dan Kultur Agama Islam

Manuver pertama Shin Tae-yong yang perlu diacungi jempol adalah kegigihan untuk cepat beradaptasi. Kabarnya, Shin mulai belajar Bahasa Indonesia sejak resmi menangani Timnas Indonesia pada Januari lalu.

Bahkan, dalam kontraknya bersama PSSI, Shin Tae Yong minta diberikan guru les. Permintaan itu bisa dimaklumi.

Timnas Indonesia adalah tim negara Asia Tenggara pertama yang ditangani Shin Tae-yong. Ia tidak mengerti Bahasa Melayu sama sekali. Padahal, pelatih dan pemain harus punya chemistry untuk sukses dalam kerja samanya.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong rela belajar Bahasa Indonesia demi bisa berkomunikasi lebih baik dengan para pemainnya. Selain itu, Shin Tae-yong disebut juga minta dijarkan kultur Agama Islam.

Hal ini dilakukan sebab Shin Tae-yong ingin menjadi pelatih yang punya respek kepada pemain beragama Islam, terutama tentang jadwal salat atau pun jadwal puasa nanti.

3 dari 4 halaman

2. Rencana Matang

Shin Tae-yong juga menjadi salah satu pelatih yang punya rencana matang. Shin tahu benar apa yang harus dilakukannya lebih dulu.

Misalnya saja tentang teknik dasar pengagwa Timnas Indonesia. Alih-alih mengajari teknik baru kepada pemain Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong justru menyuruh mereka memahami teknik dasar terlebih dahulu.

"Kami fokus menjalani sesi latihan bagaimana para pemain nanti bisa mengoper bola dengan baik dan benar. Baik umpan pendek atau panjang," ungkap Shin Tae-yong.

Keputusan Shin tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, pemain harus ahli dalam teknik dasar sebagai modal improvisai teknik lanjutan.

Setelah teknik dasar dirasa lumayan, Shin diyakini bakal menerapkan rencana lanjutan yang telah ia persiapkan. Satu di antaranya dengan melakukan perombakan besar-besaran di Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

3. Beri Kesempatan Pemain Muda

Manuver Shin Tae-yong yang juga layak diacungi jempol adalah rencananya untuk memberi kesempatan pemain muda. Arsitek asal Spanyol itu melakukan peremajaan Tim Garuda dengan banyak memberdayakan pemain interval usia 20-23 tahun.

Itu berarti, Shin Tae-yong bakal menerapkan strategi yang mirip dengan Luis Milla. Pada 2017 lalu, Luis Milla juga melakukan peremajaan terhadap skuat Garuda Muda.

Rencana Shin Tae-yong tersebut bisa dibilang cerdas. Pasalnya, Indonesia sedang butuh pemain yang bisa dijadikan tumpuan untuk hari ini dan di masa yang akan datang.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 09/02/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.