Cristiano Ronaldo Bisa Setangguh Ryan Giggs di Usia Tua

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 09 Feb 2020, 02:00 WIB
Diperbarui 09 Feb 2020, 02:00 WIB
Penampilan Ciamik Cristiano Ronaldo Saat Juventus Hajar Fiorentina
Perbesar
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Manchester- Cristiano Ronaldo terus menujukkan potensi sebagai mesin gol meski berusia 35 tahun. Ronaldo sepertinya bakal terus seperti itu pada usia 36, 37, 38, dan seterusnya.

Eks Manchester United, Dimitar Berbatov, percaya bahwa pria asal Portugal itu bisa mengikuti jejak Ryan Giggs.

Pada tahun 2018 lalu, Juventus sempat mendapatkan sedikit kritikan karena merekrut Cristiano Ronaldo dengan harga 100 juta euro dari Real Madrid. Mereka dianggap salah melakukan perekrutan itu mengingat usia Ronaldo sudah tidak lagi muda.

Ya, pada saat itu, Ronaldo sudah berusia 33 tahun menuju ke 34. Namun, pada akhirnya peraih lima trofi Ballon d'Or itu bisa membungkam kritikus dengan raihan 28 gol dan 10 assist dari 43 penampilannya di semua kompetisi.

Ketajamannya kian terasah di musm ini. Ronaldo baru tampil sebanyak 27 kali, namun telah membukukan 22 gol yang 10 di antaranya dicetak dalam enam laga terakhir. Usia pun sepertinya sulit merenggut kualitas dari seorang Ronaldo.

Beberapa waktu lalu, Ronaldo pernah mengatakan bahwa dirinya sanggup bermain hingga berusia 40 tahun. Ia secara khusus telah mempersiapkan dirinya agar perjalanannya tak berakhir hanya karena tubuh yang meminta.

Berbatov pun percaya kalo Ronaldo sanggup melakukannya. Seperti halnya Ryan Giggs sewaktu masih di Manchester United dulu, pria berkebangsaan Bulgaria itu yakin kalau Ronaldo bisa memenuhi perkataannya.

"Cristiano Ronaldo berkata bahwa dia ingin bermain di level tertinggi saat berusia 40 tahun. Saya bisa melihatnya melakukan itu," tuturnya kepada Betfair.

"Ryan Giggs bermain untuk United di usia 40 tahun dan, saat anda punya pelatih di sekitar yang tahu cara melatih anda, itu mungkin saja terjadi," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Berbatov Merasa Terlalu Cepat Pensiun

Berbatov sampai merasa ragu dengan keputusan meninggalkan karirnya yang dirasa terlalu dini. Tetapi pada akhirnya ia tidak bisa mengusung target seperti Ronaldo, Berbatov harus mengikuti apa yang tubuhnya katakan.

"Bintang asal Portugal itu masih berapi-api dan rasanya senang bisa melihatnya, dan Zlatan Ibrahimovic yang telah berumur 38 tahun, tampil dengan brilian," tambahnya.

"Saya bertanya kepada diri sendiri apakah saya pensiun terlalu dini atau tidak. Tetapi anda harus mendengarkan tubuh anda serta tahu kapan harus berhenti," pungkasnya.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Aziz, published 8/2/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓